Yamaha Lexi

Begini Alasan Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Obat Sembarangan

  Minggu, 14 Juli 2019   Istihanah Soejoethi
Ilustrasi (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Salah satu menjaga kehamilan adalah dengan cara lebih hati-hati mengonsumsi obat-obatan. Termasuk saat mengonsumsi obat-obatan yang dijual di warung. 
\n
\nKonsumsi obat-obatan saat hamil harus diperhatikan, termasuk obat bebas yang dijual warung. Obat warung bisa dikonsumsi siapa saja tetapi kalau untuk ibu hamil harus lebih memperhatikan dan harus konsultasi ke dokter kandungan, jelas Dr dr Murti Andriastuti, SpA(K), spesialis anak RS Ciptomangunkusumo di Gedung RSCM Kencana, Jakarta Pusat, Jumat (12/7/2019) 
\n
\nPasalnya, kandungan bahan kimia yang ada di dalam obat-obatan, baik dalam maupun luar dapat diserap darah sehingga menyebabkan kecacatan janin. 
\n
\nObat diserap lewat pembuluh darah, jadi harus diperhatikan obat-obat yang memang termasuk teratogenik, dapat menyebabkan kecacatan janin, jelasnya. 
\n
\nMeskipun begitu, ibu hamil masih diperbolehkan untuk mengonsumsi obat warung, hanya untuk penanganan awal saja. 
\n
\nKalau satu dua mungkin enggak apa-apa sekali. Kalau berkelanjutan dan memerlukan pengobatan terus menerus itu harus  dikonsultasikan ke dokter, jelasnya. 
\n
\nSelain obat-obatan, ibu hamil sebaiknya memperhatikan skincare yang digunakan sehari-haris, seperti perawatan jerawat misalnya. Karena banyak obat jerawat mengandung bahan kimia tinggi dan dapat mempengaruhi pertumbuhan janin di dalam kandungan. 
\n
\nUntuk hal itu, ibu hamil sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan atau memperhatikan kandungan yang ada di dalam skincare yang digunakan. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar