Yamaha

Ini Jenis Operasi Paling Populer di Tanah Air

  Minggu, 14 Juli 2019   Istihanah Soejoethi
Ilustrasi

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM--Untuk mendapat wajah cantik, banyak wanita melakukan berbagai macam cara, operasi plastik salah satunya. Di Indonesia sendiri, sudah banyak orang termasuk public figure yang melakukan operasi plastik untuk tampil lebih cantik. 

Dr Parintosa Atmodiwirjo, ahli bedah plastik RSCM-FKUI mengungkap bahwa operasi hidung, mata, tarik wajah, payudara dan sedot lemak. 

Sayangnya, pasien operasi plastik di Indonesia hingga saat ini masih belum mau terbuka, seperti di negara lain. 

"Operasi estetik banyak, tapi pasien estetik itu butuh privacy yang lebih tinggi. Jadi, mereka jarang pergi ke rumah sakit umum dan pilih ke klinik," tuturnya di Jakarta Pusat, Jumat (12/9/2019). 

Dalam kesempatan tersebut, dr Parintosa menjelaskan bahwa tidak ada yang instan untuk mendapatkan penampilan yang cantik. Butuh waktu sekitar dua sampai tiga minggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan usai menjalani operasi plastik. 

"(Operasi plastik) itu jadinya sekitar dua sampai tiga minggu hingga terlihat hasil akhirnya," pungkasnya. 

Sama seperti operasi lainnya, usai menjalani operasi plastik, pasien akan mengalami kebengkakan atau lebam dalam beberapa waktu. 

"Perdarahan pasti ada, jadi jangan heran kalau abis operasi plastik bengkak atau biru-biru. Itu biasa dalam bedah plastik. Jadi, jangan harap abis operasi plastik langsung cantik, itu enggak pernah ada," jelasnya. 

"Kemudian, kalau terkena syaraf. Kalau misalnya, kita salah potong atau kedalaman lapisan syarafnya, akibatnya pasien akan merasa baal atau tidak terasa, bisa sampai 6 bulan. Lebih parah lagi, kalau kena syaraf motorik atau syaraf penggerak, bisa lumpuh. Misalnya, ketawa awalnya lurus, jadi miring," lanjutnya. 

Namun, hal tersebut dapat dihindari asalkan ditangani oleh dokter yang memang sudah ahli dan kompeten dalam bidang tersebut.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar