Yamaha Mio S

Souvenir untuk Kenalkan Tanaman Herbal Karya Mahasiswa IPB

  Minggu, 14 Juli 2019   Rizma Riyandi
Obombs

Dikenal sebagai kampus yang inovatif, Mahasiswa IPB kembali menunjukkan karyanya lewat souvenir menarik dengan benih tanaman herbal, souvenir tersebut diberi nama Obombs.

Obombs menjadi salah satu cara untuk kembali mengenalkan tanaman herbal kepada masyarakat di Indonesia. Mahasiswa IPB tersebut adalah Deo Prastyo, Tri Widya Putri, Yoga Dwi, Muhammad Surya, dan Ainur Rahmah.

Tanaman herbal atau lebih dikenal dengan tanaman obat didefinisikan sebagai tanaman yang sebagian, seluruh tanaman dan eksudat tanaman tersebut digunakan sebagai obat, bahan atau ramuan obat-obatan (Mumpuni, 2004). 

Indonesia kaya akan tanaman yang mengandung khasiat herbal dan tercatat dari 40.000 tanaman herbal yang dikenal di dunia, 30.000-nya disinyalir berasal dari Indonesia(Muncul, 2015). Oleh  karena itulah dirasa penting untuk mengetahui jenis dan khasiat dari  tanaman herbal tersebut.

Tanaman herbal disajikan secara praktis yaitu dapat langsung disiram karena benih sudah dibalut tanah liat dan media tanam (pupuk organik) sehingga di lahan yang kecil pun masyarakat tetap dapat memiliki tanaman herbal. Tanaman herbal yang dikemas dalam bola benih Obombs ini adalah Mahkota Dewa, Kemangi Wulung, Sawi Hijau, Akar Kucing, Okra, Sambiloto, dan Cabe Jawa.

Souvenir Obombs juga menyajikan tata cara pemeliharaan serta khasiat tanaman herbal tersebut untuk memudahkan masyarakat mengenal kembali tanaman herbal Indonesia. Bersama Obombs Ayo Kenalkan Tanaman Herbal Indonesia.

Tri Widya Putri, Mahasiswa IPB

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar