Yamaha Lexi

Waspada! 6 Efek Mengkhawatirkan dari Penggunaan Gel Rambut

  Sabtu, 13 Juli 2019   Adi Ginanjar Maulana
Ilustrasi gel rambut.(Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Semua orang pasti ingin terlihat keren dan menawan ketika berada di luar rumah. Dan entah sadar atau tidak, rambut memiliki peranan penting dalam meningkatkan atau justru memperburuk penampilan Anda. Anda dapat menggunakan berbagai produk perawatan kulit dan make-up agar terlihat sempurna sepanjang hari, tetapi jika rambut Anda tidak ditata dengan benar itu tidak akan menyempurnakan penampilan Anda.

Menata rambut bisa membuat Anda merasa bosan dan siapa yang tidak menginginkan produk yang dapat membuat hal ini menjadi lebih mudah dan praktis? Itulah yang dilakukan gel rambut untuk rambut Anda.  Gel rambut adalah produk yang cukup nyaman untuk menata dan membentuk rambut seperti apa yang Anda inginkan.  Namun ternyata ada efek samping dari penggunaan gel rambut yang mungkin bisa merusak rambut dalam jangka panjang.

Dan ini adalah beberapa efek samping yang ditimbulkan dan harus Anda waspadai. Maka lakukan lah pencegahan sebelum rambut Anda semakin menerima dampak yang buruk karenanya.

Tetapi sebelum menjelaskan apa saja efek samping dari penggunaannya, mari kita memahami lebih baik apa sebenarnya gel rambut itu dan bagaimana cara kerjanya.

Bagaimana cara kerja gel rambut?

Gel rambut merupakan produk perawatan yang digunakan oleh para pria dan wanita, ini membantu Anda untuk menata rambut seperti yang Anda inginkan. Zat seperti jeli ini dapat mengeraskan rambut dan mempermudah untuk membentuk rambut Anda sesuai dengan yang diinginkan. Anda akan menemukan beragam gel rambut khusus untuk pria dan wanita di pasaran. Gel ini  terdiri dari protein, minyak, humektan dan kondisioner yang umumnya diaplikasikan pada rambut basah.

Gel rambut bekerja sangat efisien untuk menata rambut Anda karena mengandung plastik yang disebut PVP sebagai bahan utamanya. PVP adalah sealer polimer yang membantu memperkuat kutikula rambut. Ketika larut dalam air Polimer dalam PVP membentuk lapisan di antara helai rambut, yang menghubungkan dan mengeraskan rambut agar membiarkan Anda menata rambut sesuai keinginan. Dengan demikian, ketika diaplikasikan pada rambut basah, gel rambut akan bekerja mengeraskan rambut dan memungkinkan Anda untuk membentuknya.

Walaupun gel rambut cukup bermanfaat bagi sebagian orang, namun mereka memiliki efek samping tertentu yang harus Anda ketahui.

Efek samping gel rambut

1. Rambut rontok

Penggunaan gel rambut yang berlebihan dan terus menerus akan membuat akar rambut  Anda menjadi lemah. Akar yang lemah menyebabkan rambut rontok dan menghambat pertumbuhan rambut sehingga merusak rambut. Tidak hanya itu, gel rambut akan membuat kulit kepala Anda kering dan membuat rambut menjadi kasar dan rapuh juga. Singkatnya, mereka membuat rambut Anda rentan terhadap kerusakan terutama kerontokan rambut.

2. Perubahan warna rambut

Terlepas dari efek sampingnya yang lain, gel rambut juga mempengaruhi warna rambut.  Ini adalah salah satu kelemahan yang mungkin menjadi efek terbesar bagi Anda.  Gel rambut mengganggu keseimbangan pH kulit kepala dan bahan kimia keras yang ada di dalamnya dapat menyebabkan warna rambut alami Anda memudar dan dengan demikian menyebabkan perubahan warna rambut.

3. Rambut kering

Rambut kering merupakan efek samping lain dari penggunaan gel rambut. Gel rambut mengandung alkohol dan bahan kimia keras lainnya yang menghilangkan kelembaban dari rambut Anda, sehingga membuat rambut Anda kering dan dehidrasi.

4. Ketombe

Kulit kepala yang mengalami dehidrasi dapat menyebabkan banyak masalah rambut dan salah satunya adalah ketombe. Penggunaan gel rambut yang berlebihan dapat membuat kulit kepala Anda kering dan bersisik, sehingga pada akhirnya, menyebabkan ketombe. Selain itu, gel rambut membuat kulit kepala Anda rentan terhadap kerusakan dan serangan bakteri, yang merupakan salah satu penyebab utama ketombe. Jadi, coba  perhatikan seberapa sering Anda menggunakan gel rambut dan cobalah secara  perlahan untuk menghentikannya.

5. Rambut bercabang

Rambut yang kering, rusak, kasar dan rapuh sering menyebabkan ujung rambut bercabang. Gel rambut dapat menghalangi nutrisi ke kulit kepala, menghilangkan kelembaban di kulit kepala dan dengan demikian membuat rambut Anda rentan terkena berbagai macam kerusakan. Semua ini pada akhirnya mengarah pada perpecahan pada rambut Anda.

6. Mengubah tekstur rambut

Efek samping lain dari penggunaan gel rambut secara ekstensif adalah mengubah tekstur rambut. Menggunakan gel rambut dapat mengurangi produksi sebum di kulit kepala dan lama kelamaan hal ini membuat rambut Anda tak bernyawa dan keriting. Jika Anda sering menggunakan gel rambut, Anda akan melihat perubahan tekstur rambut Anda.  Karena itu, bukan ide yang baik untuk menggunakan gel rambut sebagai kebutuhan harian Anda. Merupakan suatu hal yang bijaksana untuk mengatur batas penggunaannya, lakukanlah pada acara-acara khusus agar dapat meminimalisir efek yang ditimbulkannya.(Nadia Syaliana)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar