Yamaha

Dokter Persib: Deden Natshir Sangat Kesakitan

  Jumat, 12 Juli 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Dokter tim Persib Bandung, Rafi Ghani. (Eneng Reni Nuraisyah Jamil/Ayobandung.com)

CICENDO, AYOBANDUNG.COM--Dokter tim Persib Bandung, Rafi Ghani sempat berbagi cerita tentang detik-detik cedera parah yang dialami Muhammad Natshir Fadhil Mahbuby atau yang karib disapa Deden Natshir. Diketahui, kiper beruia 26 tahun tersebut mengalami fraktur atau patah tulang di dua titik kaki kiri yakni tulang kering fibula dan tibia.

Cedera tersebut dialami pemilik nomor punggung satu di Persib itu usai berduel satu lawan satu dengan gelandang Persija Jakarta, Bruno Matos di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Rabu (10/7/2019). Cedera tersebut dialami pemilik nomor punggung satu di persib itu saat menit ke-30.

AYO BACA : Dokter Persib Ungkap Kondisi Terakhir Cedera Deden Natshir

Sebagai dokter tim, Rafi mengaku saat melihat Deden tergeletak, dirinya langsung berlari untuk melihat kondisi kiper Maung Bandung tersebut. Dari pengamatannya di lapangan, Rafi menyadari ada perubahan tidak semestinya dari bentuk kaki kiri Deden. 

Usai bertabrakan, Deden yang terbaring langsung dihampiri beberapa pemain Persib. Namun sayangnya, dia tidak bisa melanjutkan pertandingan dan langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lanjutan.

AYO BACA : 2 Tulang Patah, Deden Natshir Bakal Menepi 6 Bulan

(Kronologis benturannya) sebenarnya saya tidak mau berandai-andai tapi memang pada saat kejadian tidak begitu jelas walau saat itu saya ada di bench tapi Deden merasa sangat kesakitan lalu saya periksa langsung dan memang bentuk kakinya tidak semestinya maka akhirnya dievakuasi, ungkap Rafi di Graha Persib, Jumat (12/7/2019) sore.

Rafi memprediksi kiper asal Soreang, Kabupaten Bandung itu salah dalam melakukan pendaratan usai menglami benturan Bruno Matos. Maklum, kala itu Deden berusaha mengamankan gawang Maung Bandung agar tak kebobolan.

Tapi memang saat diamati ada posisi kaki kirinya yang kurang stabil. Lalu berbenturan dengan pemain lawan (Bruno Matos) sehingga terjatuh dengan menopang berat badannya sendiri sehingga menyebabkan fraktur, lanjutnya.

Saat ini, Rafi mengakui, Deden masih dirawat di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta. Setelah empat hari, ia baru bisa pulang ke Bandung untuk perawatan dengan tim medis tim. Namun sayangnya, Rafi memprediksi, Deden harus menepi selama enam bulan lamanya. Sebab ia harus menunggu proses pembentukan tulang dan kerja otot dengan waktu yang cukup banyak.

Pemulihan pasca-operasi langsung dilakukan menggunakan dua tongkat, tapi selama enam minggu ini bagian yang cederanya belum bisa ditapakan ke lantai. Setelah itu, nanti bertahap untuk bisa ditapakan hingga bisa menggunakan satu tongkat. Proses itu sampai nanti penguatan otot untuk mengembalikan kondisi otot yang mengecil karena tidak digunakan selama proses pemulihan, ujarnya.

AYO BACA : Cedera Serius, Deden Natshir Alami Patah Tulang Kering

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar