Yamaha Lexi

Perluasan Masjid Lautze 2, Badan Wakaf Salman ITB Wakafkan Rp150 Juta

  Jumat, 12 Juli 2019   Nur Khansa Ranawati
Direktur Badan Wakaf Salman ITB Khirzan Nazar Noe’man memberikan simbolis bantuan wakaf kepada Pembina Yayasan Masjid Lautze 2 Hernawan, di Masjid Lautze 2, Jalan Tamblong, Kota Bandung. (Nur Khansa Ranawati/Ayobandung.com)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM—Badan Wakaf Salman ITB memberi bantuan sebesar Rp150 juta guna membantu perluasan Masjid Lautze 2 yang terletak di Jalan Tamblong nomor 27, Kota Bandung, Jumat (12/7/2019) siang. Dalam kesempatan tersebut, bantuan wakaf diserahkan oleh Direktur Badan Wakaf Salman ITB Khirzan Nazar Noe’man kepada Pembina Yayasan Masjid Lautze 2 Hernawan. 

"Hari ini ada serah-terima wakaf dari Badan wakaf Salman kepada Yayasan Masjid Lautze 2 Bandung, memang kita sudah lama ngobrol-ngobrol untuk pengembangan masjid ini. Tadi alhamdulillah dapat Rp150 juta untuk pengembangan masjid ke arah selatan dan utara," ungkap Hernawan ketika ditemui selepas acara.

AYO BACA : Salman ITB Galang Dana Wakaf untuk 4 Masjid

Dia mengatakan, di sebelah utara masjid akan diadakan perluasan lahan masjid. Sementara di sebelah utara akan dibangun masjid baru di atas tanah wakaf seluas 1.000 meter persegi.

"Tanah itu sekarang sedang kami urus ke BPN untuk sertifikatnya. Nanti bisa dibangun masjid 2,5 lantai seluas kira-kira 700 meter persegi," jelasnya.

AYO BACA : Masjid Lautze, Unik Bernuansa Oriental

Berdasarkan keterangan Herman, saat ini Masjid Lautze 2 dapat menampung sekitar 600–700 jemaah. Sebagian yang tidak terfasilitasi, terutama ketika salat Jumat, terpaksa beribadah di jalan sekitar masjid.

Selain itu, masjid bercat kuning-oranye dengan nuansa khas Tionghoa tersebut juga digunakan sebagai tempat pembinaan puluhan mualaf setiap pekannya. Hingga saat ini, terdapat 370 mualaf yang dibina langsung. Oleh karena itu, renovasi perluasan masjid ini dinilai penting untuk kenyamanan beribadah.

Adapun dana yang diperlukan untuk perluasan area masjid tersebut mencapai Rp1,5 miliar yang terdiri atas biaya pembebasan lahan seluas 270 meter persegi dan Rp500 juta untuk renovasi. 

“Dengan kerja sama ini, diharapkan kebutuhan fasilitas jemaah sekitar Tamblong akan terpenuhi dan para mualaf bisa terfasilitasi dengan baik dalam belajar agama Islam, mengingat Masjid Lautze 2 ini berperan sebagai pusat informasi Islam bagi warga Tionghoa,” ungkap Khirzan.

AYO BACA : Masjid Lautze 2 Berikan Kadedeuh Lebaran bagi Yatim, Duafa, dan Mualaf

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar