Yamaha Mio S

Pilihan Wisata Tasikmalaya untuk Akhir Pekan

  Jumat, 12 Juli 2019   Irpan Wahab
Gunung Galunggung. (Irpan Wahab/Ayotasik.com)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Tasikmalaya merupakan salah satu wilayah di Provinsi Jawa Barat yang kaya akan tempat wisata. Tempat wisata tersebut bisa menjadi menjadi pilihan menikmati akhir pekan. AyoTasik.com mencoba menyajikan beberapa tempat wisata yang bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi.

Objek Wisata Gunung Galunggung

Objek wisata yang berada di Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, ini menyajikan pemandian air panas yang terbagi pada beberapa kolam dan bak rendam. Selain itu, di objek wisata ini Anda bisa menikmati keindahan kawah Galunggung peninggalan dahsyatnya letugas Galunggung pada 1982 silam. Dari area kawah, Anda bisa menikmati keindahan alam dan hamparan wilayah Tasikmalaya dari ketinggian.

Pantai Karang Tawulan

Bagi Anda penyuka wisata pantai, Pantai Karang Tawulan di Desa Cidadap, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, bisa menjadi alternatif wisata akhir pekan. Disini Anda dapat menikmati keindahan pantai dari ketinggian. Jika datang sore hari, Anda bisa menikmati suasana matahari tenggelam yang indah serta melihat langsung kawanan burung camar yang kembali ke sarangnya di Nusa Manuk.

Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta masih terletak di wilayah Kecamatan Cipatujah seperti Pantai Karangtawulan. Namun berbeda dengan pantai lain, khususnya di pesisir pantai selatan Jawa Barat. Keistimewaanya adalah dari keberadaan Taman Laut Lengsar, pasir putih dan berombak besar. Pantai Sindangkerta ini berjarak lebih kurang 70 kilometer dari Kota Tasikmalaya.

Kampung Adat Naga

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui Masyarakat Sunda yang masih memegang kearifan lokal, Anda wajib datang ke Kampung Naga yang berada di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu. Salah satu keunikan di tempat ini adalah Anda dapat melihat arsitektur rumah warga kuno berkonsep rumah panggung. Selain menikmati suasana dan keramahan warga, di kampung naga juga bisa melihat keindahan hamparan sawah dan indahnya aliran sungai.

Kasi Pengembangan dan Analisis Pasar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tasikmalaya Nono Kurniawan mengatakan, selain beberapa wisata yang sudah banyak dikunjungi, ada juga wisata yang yang belum dikembangkan, terutama curug dan wisata lainnya.

"Tasikmalaya khususnya Kabupaten Tasik itu banyak destinasi wisata yang belum diekspose. Yang disebutkan tadi itu wisata unggulan, belum semuanya disebutkan karena banyak, " papar Nono, Jumat (12/7/2019).

Kedepan pemerintah daerah, lanjut Nono, akan melakukan pengelolaan tempat wisata yang masih belum dikelola dengan baik. Namun, saat ini pihaknya masih fokus pada penataan Galunggung dan kawasan pantai.

"Kedepan, kemungkinan dikelola bersama sama masyarakat, terutama wisata yang belum terjamah atau yang belum dikenal oleh masyarakat luas, " pungkas Nono.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar