Yamaha Lexi

Kapan Ibu Hamil Mendeteksi Kelainan Bibir Sumbing pada Bayi?

  Jumat, 12 Juli 2019   Istihanah Soejoethi
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana/wsj)

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM—Keberadaan anak dengan bibir dan lelangut sumbing menjadi salah satu masalah yang masih terabaikan. Padahal, menurut data WHO, terdapat 1:500 bayi yang lahir di dunia lahir dengan kelainan bibir dan lelangit sumbing. Merujuk data tersebut, terdapat 5800 bayi lahir di Indonesia yang menderita kelainan bibir sumbing. 

Padahal, kelainan bibir sumbing dapat dideteksi sejak bayi masih di dalam kandungan. Tepatnya di usia kehamilan trimester kedua. 

"Untuk ibu hamil, harus rajin kontrol kehamilan, kalau ada USG lakukan. Karena  di trimester kedua sudah kelihatan kok," ujar dr. Kristaninta Bagun, SpBP-RE (KKF), Kepala Unit Pelayanan Khusus Cleft and Craniofacial Center, RSCM-FKUI. 

AYO BACA : Kulit Bibir Anda Hitam? Cobalah 6 Warna Nude Terbaik

"Jadi, kalau tahu bayinya sumbing, (orang tua) enggak perlu berkecil hati. Cari infomasi, yayasan dan info lainnya, agar anaknya mendapat perawatan yang lebih baik," lanjutnya. 

Dalam kesempatan tersebut, dr Kristanita mengatakan, kelainan bibir sumbing dapat dicegah dengan asupan gizi yang baik selama masa kehamilan. 

"Salah satu faktor yang menyebabkan anak mengalami kelainan bibir sumbing adalah kekurangan zat besi, asam folat, dan itu dapat dicegah dengan mengonsumsi vitamin-vitamin tambahan selama masa kehamilan," paparnya. 

AYO BACA : 5 Hal yang Tidak Anda Ketahui Tentang Lip Balm

Meski begitu, kelainan bibir sumbing yang disebabkan oleh faktor genetik tidak dapat dicegah selama masa kehamilan. 

"Kalau faktor eksternal bisa dicegah. Kalau faktor internal misalnya genetik enggak bisa dicegah. Kalau genetik cukup besar pengaruhnya, sekitar lima persen. Misalnya, kalau ada kakek atau neneknya menderita bibir sumbing, kemungkinan turun ke anaknya," jelasnya. 

Sementara itu, untuk operasi penanganan kelainan bibir sumbing dapat dijalani bayi saat usia tiga bulan. 

"Ada namanya rules of ten, yaitu usia bayi sudah sepuluh minggu atau tiga bulan, berat sudah 10 pound atau lima kilo, leukosit kurang dari 10.000 dan hemoglobinnya sudah berjumlah 10 saat ingin menjalani operasi," pungkasnya. 

AYO BACA : Cium Paksa Reporter TV, Petinju Bulgaria Diskors

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar