Yamaha Mio S

5 Manfaat Kesehatan dari Daun Mangga

  Jumat, 12 Juli 2019   Andres Fatubun
Ilustrasi daun mangga.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Mangga adalah buah favorit yang pas dinikmati saat musim panas. Pasalnya buah mangga tidak hanya memiliki rasa yang nikmat tapi memiliki banyak manfaat kesehatan. Buah ini kaya akan vitamin dan mineral yang dapat mengobati berbagai macam penyakit. 

Karena khasiatnya yang banyak, daun mangga sangat populer sebagai pengobatan alami di bagian timur. Daun mangga mengandung vitamin A, B, C dan antioksidan termasuk fenol dan flavonoid. 

Daun mangga muda yang berwarna kemerahan atau keunguan akan menjadi hijau ketika sudah tumbuh. Di Asia Tenggara daun mangga yang masih muda diolah dan dikonsumsi. 

1. Mengontrol diabetes tipe 2
Daun mangga baik dikonsumsi orang yang menderita diabetes karena mengandung tanin yang disebut antosianidin yang membantu mengatasi diabetes. Caranya dengan mengeringkan dan menghaluskan daun mangga atau menjadikannya sebagai infusan.   

AYO BACA : Daun Pepaya, Obat Kuno yang Kaya akan Manfaat

2. Merendahkan tekanan darah tinggi
Menurut sebuah jurnal sebuah rumah sakit di Mesir daun mangga dapat merendahkan tekanan darah tinggi yang disebabkan hipotensi. Daun mangga dapat memperkuat pembuluh darah dan dapat mengobati penyakit varises.

3. Mengobati asma 
Masalah pernapasan seperti asma, bronkitis, dan pilek dapat diobati dengan rebusan air daun mangga. Rebusan daun mangga dapat diminum dengan tambahan madu.

4. Menyembuhkan disentri 
Disentri adalah baung air besar berupa darah. Daun mangga yang mengandung antibakteri dan antimikroba dapat melawan bakteri staphylococcusaureus dan bakteri Salmonella typhimurium yang dapat menyebabkan infeksi pada tubuh manusia. 

5. Menjaga kesehatan perut
Gastroprotektif yang terkandung dalam daun mangga dapat melindungi perut dari berbagai macam penyakit. Caranya mudah, cukup dengan memasukkan daun mangga ke dalam air hangat dan dibiarkan semalaman lalu minumlah keesokan harinya.

Berikut cara membuat teh dari daun mangga.
Sediakan beberapa lembar daun mangga dan satu liter air. Caranya, Rebus daun mangga yang sudah dicuci bersih dalam satu liter air sekitar 10 menit. Saring air rebusan tersebut, tambahkan madu secukupnya untuk pemanis dan teh siap diminum selagi hangat. (Sofa Marwati)
 

AYO BACA : 8 Manfaat Kesehatan Daun Jambu biji

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar