Yamaha Aerox

Sungai Rancacili Kembali Tercemar, Hitam dan Berbau

  Kamis, 11 Juli 2019   Faqih Rohman Syafei
Aliran sungai Rancacili di Kelurahan Cipamokolan, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung. (Faqih Rohman/ayobandung)

RANCASARI, AYOBANDUNG.COM -- Aliran sungai Rancacili yang berlokasi di Kelurahan Cipamokolan, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung berwarna hitam, berbusa, dan mengeluarkan bau tak sedap. Akibatnya air sumur warga yang berada di sekitar aliran sungai terdampak. Salah satunya di RT08/RW08.

Ketua RT08, Lukman Iskandar (53), menyebutkan pencemaran tersebut sudah terjadi sekitar 10 tahun terakhir. Namun pada beberapa waktu lalu, kondisinya sudah cukup bersih tidak seperti sekarang. 

"Kemarin-kemarin sempat dibersihkan sama tentara sudah bersih lagi. Tapi enggak tahu, sekarang-sekarang ini jadi gini lagi," ujarnya, Kamis (11/7/2019).

Menurutnya, kondisi seperti ini sudah berlangsung sekitar satu bulan ke belakang. Bahkan, ketika Ramadan lalu kondisi airnya terlihat cukup jernih, karena hulu sungai sudah dibersihkan oleh pihak terkait.

AYO BACA : Sinergitas Pentahelix Harumkan Kembali Sungai Citarum

"Hitamnya air ini mengganggu juga buat warga sekitar, seperti jadi banyak nyamuk, bau menyengat. Warga juga banyak mengeluh terkait kondisi ini," katanya.

Lukman menyebutkan warga sekitar aliran sungai mulai merasakan dampaknya seperti gatal-gatal. Ia berharap kondisi aliran sungai kembali jernih seperti sebelumnya.

"Saya sudah melaporkannya ke RW, lurah dan camat. Bahkan sudah ditindak sama aparat, ini mah hanya hilir dari sana hulunya, kita yang dapat dampaknya," terangnya.

Sementara itu, salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya, mengaku kerap mencium bau tak sedap yang berasal dari aliran sungai Rancacili. Dia mengaku mengalami gatal-gatal selama beberapa waktu ini, ditenggarai karena menggunakan air sumur yang berada disekitar sungai. 

"Kalau dampaknya, jadinya gatal-gatal ke kulit mungkin karena air sungai yang hitam berpengaruh ke air sumur. Tapi yang mengganggu mah baunya yang menyengat," ucapnya.

AYO BACA : Pangdam III Siliwangi Lanjutkan Pembangunan Citarum Harum

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar