Yamaha Mio S

Kuliner Bandung: Menikmati Cita Rasa Mi Kocok SKM Legendaris

  Kamis, 11 Juli 2019   Andres Fatubun
Semangkuk Mi Kocok SKM yang berlokasi di Jalan Sunda No.38, Kb. Pisang, Kecamatan Sumur Bandung. (Ulfah Dalilah)

SUMUR BANDUNG,AYOBANDUNG -- Lelah berjalan-jalan di Kota Bandung, kini saatnya mencari ganjal perut. Pilihan yang sehar di wakt siang adalah sajian Mi Kocok SKM yang berlokasi di Jalan Sunda No.38, Kb. Pisang, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. Konon Mi Kocok tersebut terbilang salah satu kuliner legendaris di Kota Bandung.

Mi Kocok yang satu ini mulai dikenal sejak tahun 1970-an, Setelah orang tuanya meninggal, usaha mi kocok tersebut kini telah dikelola oleh generasi kedua, Putri Sukirman, yakni Ponijah bersama kakaknya.

“Nama nya usaha pasti ada naik turun, waktu dulu mi kocok SKM terbilang ramai. Cuma karena sekarang banyak penjual mi kocok jadi sehari terkadang habis hanya 30 sampai 50 porsi saja,” ujar Ponijah saat ditemui Ayobandung.com, Rabu (10/07/2019).

Penamaan Mi Kocok SKM diambil dari nama pemilik dan pendiri, yakni Sukirman. Keunikan dari mi kocok tersebut yaitu memiliki warna kuah yang agak kuning. Tampilan tersebut berasal dari bumbu-bumbu rempah yang diberikan. Tak heran jika banyak orang menyebutnya soto mi kocok.

AYO BACA : Mi Kocok Cepay, Legendaris di Kota Bandung

Lebih lanjut, biasanya Ponijah menggunakan kaki sapi asli untuk campuran mi kocok tersebut yang dibeli melalui pelanggan tetapnya. Dalam proses pengolahannya, Ponijah memasak kaki sapi dengan menggunakan teknik yang berbeda yakni dengan membelah kaki sapi menjadi dua agar sumsum dalam tulang tersebut dapat menjaga aroma kaldu.

“Saya hanya membeli tulang sapi di pelanggan mentahnya saja dan pengolahannya saya lakukan sendiri di rumah, untuk kikilnya saya iris kecil-kecil dan direbus cukup lama, sehingga saat dimakan akan terasa lembut dan kenyal di lidah,” katanya.

Untuk harganya, Mi Kocok SKM biasa Rp 27.000 dan Mi Kocok spesial Rp 37.000. Adapun pengunjung yang datang sangat beragam, mulai dari remaja hingga orangtua. Mi Kocok SKM buka setiap harinya pukul 10.00 WIB sampai 21.00 WIB. (Ulfah Dalilah)

 

 

AYO BACA : Waktunya Makan Siang? Manjakan Lidah di Mi Kocok Subur Suryan

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar