Yamaha Lexi

Olahraga Tingkatkan Daya Ingat pada Lansia

  Kamis, 11 Juli 2019   Fira Nursyabani
Ilustrasi - Aparat Kepolisian beserta TNI Jawa Barat Menggelar kegiatan senam bersama di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Jumat (5/7/2019). (Kavin Faza/ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Ahli fisiologi olahraga menyebutkan olahraga yang dilakukan secara teratur dapat membantu meningkatkan memori seseorang. Olahraga juga ternyata dapat memicu peningkatan fungsi kognitif ingatan pada lanjut usia (lansia).

"Memori memang bisa ditingkatkan sampai usia kapan saja, untuk lanjut usia maka olahraga bisa merangsang enzim seperti senam otak," kata dr Jajat Darajat Kusumah Negara, S.Pd M.KesĀ AIFO dari Universitas Indonesia (UI), Rabu (10/7/2019).

AYO BACA : Ridwan Kamil Paparkan Program Khusus Lansia di Jawa Barat

Namun Jajat tidak menyarankan bagi lansia untuk melakukan olahraga berintensitas tinggi. Olahraga berintensitas rendah seperti aerobik lebih disarankan untuk lansia dengan melakukannya dengan frekuensi yang optimum.

"Olahraga dengan intensitas rendah dan frekuensi yang optimum bisa menstimulasi memori bagi lanjut usia," katanya.

AYO BACA : Mensos Minta Usia Lansia di Undang-undang Direvisi Jadi 65 Tahun

Penelitian mengenai olahraga sebelumnya juga mengungkapkan bahwa olahraga permainan yang membutuhkan kerja otak untuk berpikir dapat membantu meningkatkan memori pada seseorang hingga usia lanjut.

Olahraga yang membutuhkan berpikir seperti bulu tangkis, sepak bola, futsal, bola basket, tenis dan lainnya membutuhkan kerja otak yang berkolerasi dengan otot-otot fisik. Sementara olahraga yang sifatnya atletik seperti lari cenderung hanya menggunakan otot.

Penelitian Jajat terkait olahraga futsal bagi remaja juga terbukti dapat meningkatkan fungsi kognitif seperti atensi dan memori pada anak.

"Selain meningkatkan kebugaran tubuh, olahraga futsal yang dilakukan secara teratur dan tidak berlebihan dapat mengendalikan ketahanan stress pada anak remaja," ungkapnya.

AYO BACA : Mang Oded Terima Penghargaan Tokoh Nasional Peduli Lansia

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar