Yamaha Aerox

Pemkot Resmi Bubarkan PPK Pemilu se-Kota Bandung

  Kamis, 11 Juli 2019   Fira Nursyabani
Evaluasi Akhir dan Pembubaran Panitia Pemilihan Kecamatan Se-Kota Bandung di The Cipaku Garden Jalan Cipaku Indah No. 10 Bandung, Rabu (10/7/2019). (Dok. Humas Setda Kota Bandung)

CIDADAP, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung secara resmi membubarkan Panitia Pemilihan Kecamatan Se-Kota Bandung yang telah bekerja selama pemilu 2019. Kota Bandung berhasil mempertahankan predikat sebagai kota kondusif dalam penyelenggaraan Pemilu.

Tak hanya itu, angka partisipasi pemilih di Kota Bandung menembus angka 87,64 persen. Data Komisi Pemiliham Umum itu jauh melampaui partisipasi Pemilu 2014 pemilih di Kota Bandung yang hanya 73 persen.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengapresiasi hal tersebut. Ia menilai, keberhasilan ini tak bisa lepas dari andil seluruh elemen masyarakat, aparat keamanan dan juga peran aktif Komisi Pemilihan Umum (KPU) sejak masa sosialisasi hingga saat ini.

AYO BACA : Jokowi Apresiasi Kinerja TKN dan TKD Selama Pemilu

"Sinergi antara Pemerintah, aparat keamanan, KPU dan masyarakat menjadi penentu kesuksesan pemilu di Kota Bandung," ujar Yana saat menghadiri Evaluasi Akhir dan Pembubaran Panitia Pemilihan Kecamatan Se-Kota Bandung di The Cipaku Garden Jalan Cipaku Indah No. 10 Bandung, Rabu (10/7/2019).

Kendati demikian, Yana meminta KPU meningkatkan prestasi ini, serta mengkaji aspek-aspek yang kurang memadai untuk nantinya menjadi koreksi pada penyelenggaraan pemilihan umum di masa yang akan datang.

"Pembubaran panitia ini bukan akhir dari segalanya. Lima tahun lagi kita akan melaksanakan kembali pesta demokrasi. Kesiapan ini harus kita pertahankan, atau bahkan tingkatkan," pesannya.

AYO BACA : Sandiaga Uno Akui Sudah 'Move On' dari Pilpres

Sementara itu Ketua KPU Kota Bandung Suharti menyebutkan, Pemilu 2019 merupakan pemilu yang memakan waktu cukup lama. Ia mengaku salut akan kinerja panitia penyelenggara pemilu sampai di kewilayahan.

"Tanpa kerja keras, tidak mungkin rasanya pemilu di Kota Bandung berjalan lancar," ujarnya.

Ia menambahkan, penetapan pemenang Pemilihan Legislatif Calon DPRD Kota Bandung sudah bisa diumumkan pekan ini. "Alhamdulillah karena tidak ada gugatan ke MK. Calon terpilih bisa ditetapkan minggu ini," ujarnya.

Dalam penyelenggaraan Pemilu 2019, terpilih 3 kecamatan penyelenggara pemilu terbaik dan mendapat penghargaan dari KPU. Tiga kecamatan tersebut adalah Kecamatan Sarijadi, kemudian Kecamatan Gedebage, dan Kecamatan Cibiru. Penyerahan penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Wali Kota Bandung dan Ketua KPU Kota Bandung.

AYO BACA : Bawaslu Kabupaten Bandung Sempat Rekomendasi PSU

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar