Yamaha

Kejati Jabar Bakal Pelajari Putusan Vonis Bahar bin Smith

  Rabu, 10 Juli 2019   Nur Khansa Ranawati
Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Raja Nafrizal. (Irfan Al-Faritsi/Ayobandung.com)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Bahar bin Smith, pelaku penganiayaan terhadap dua remaja di di Ponpes Tajul Alawiyyin, Kemang, Kabupaten Bogor, divonis hukuman tiga tahun penjara dan denda sebesar Rp50 juta subsider kurungan 1 bulan, berkurang setengahnya dari tuntutan sebelumnya, yakni enam tahun penjara dan denda Rp 50 juta subsider kurungan 3 bulan.

Hal tersebut diputuskan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Bandung di gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Bandung, pada 9 Juli 2019. Menanggapi vonis yang lebih rendah dari tuntutan tersebut, Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Raja Nafrizal mengatakan pihaknya akan menimbang putusan hakim. 

AYO BACA : Tanggapi Vonis Bahar Smith, MUI Jabar: Itu Bentuk Kasih Sayang

Vonisnya tiga tahun, kita tuntut enam tahun. Jadi kan kita jaksa, pikir-pikir dulu, ungkapnya ketika ditemui di Lapangan Gasibu, Rabu (10/7/2019).

Ketika ditanya apakah pihaknya akan mengajukan banding atau tidak, Raja mengatakan akan terlebih dahulu mempelajari putusan majelis hakim. 

AYO BACA : Usai Divonis 3 Tahun, Bahar bin Smith Teriak Takbir dan Cium Bendera Indonesia

Kita pelajari dulu putusan pengadilan, nanti kita ambil sikap; menerima atau banding, ungkapnya.

Dia juga mengatakan, dalam menerima hasil putusan bukanlah persoalan puas atau tidak puas, namun harus didasarkan pada pertimbangan hakim.

Kalau hukuman mah kan bukan puas atau enggak puas, kita lihat pertimbangan hakimnya apa. Kita belum baca pertimbangan lengkapnya, mau dibaca dulu, pungkasnya.

Adapun Bahar terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penganiayaan terhadap CAJ (18) dan MKU (17) di Ponpes Tajul Alawiyyin, Kemang, Kabupaten Bogor pada 1 Desember 2018.

Atas perbuatan tersebut, dirinya diganjar sejumlah pasal, yakni Pasal 80 Undang-Undang Perlindungan Anak, Pasal 333 Ayat (2) KUH Pidana jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUH Pidana, serta Pasal 170 Ayat (2) Ke-2 KUHPidana tentang Penganiayaan, dan Pasal 351 Ayat (2) KUHPidana jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHPidana.

AYO BACA : Bahar bin Smith Divonis 3 Tahun Penjara

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar