Yamaha Mio S

Menilik Sejarah Masjid PP Persis Peninggalan Soekarno

  Selasa, 09 Juli 2019   Dadi Haryadi
Masjid PP Persis yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan No.2, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. (Dok : khazanahfikiranku)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Di antara berdirinya masjid di Bandung, tidak sedikit yang menyimpan sejarah. Satu di antaranya adalah Masjid PP Persis yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 2, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. Selain gedung dan bangunan lain, Presiden Soekarno membangun masjid tersebut.

Pada tahun 1935, atas dasar Soekarno di bangunlah Masjid PP Persis yang memiliki gaya arsitektur Timur Tengah. Selain itu, masjid tersebut dahulunya merupakan tempat singgah jika Soekarno sedang melakukan acara di Bandung.

AYO BACA : 5 Masjid di Bandung Ini Instagramable Punya

Masjid PP persis merupakan masjid ketiga yang berdiri di Kota Bandung, setelah Masjid Mungsokanas dan Masjid Cipaganti. Konon masjid ini dulunya terdapat beberapa ornamen pemberian Soekarno.

Pada tahun 1982 Masjid PP Persis mengalami renovasi. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), Dadan Ramdan kepada Ayobandung.com, Rabu (10/7/2019).

AYO BACA : 5 Masjid Hits Penyelenggara Kajian di Bandung

“Masjid PP Persis ini sudah mengalami renovasi total, mulanya masjid ini hanya satu lantai kini sudah menjadi 2 lantai. Bahkan terbilang masjid ini sudah hampir tidak ada yang tersisa bentuk aslinya, yang tertinggal hanya penghargaan masjid karena merupakan tempat yang pernah disinggahi Soekarno,” ujar Dadan.  

Lantai 1 masjid kini beralih fungsi menjadi perkantoran masjid. Selain itu, masjid tersebut berfungsi menjadi masjid kantor yang ramai hanya pada saat jam-jam kantor. Maka tak heran jika saat isya dan subuh masjid ini  jemaahnya sedikit.

Konon salah satu alasan Soekarno membangun Masjid PP Persis karena pada saat itu semakin banyak pemeluk Agama Islam di Jawa Barat. Selain masjid tersebut, Soekarno juga membangun beberapa masjid seperti Masjid Agung Bandung dan Masjid Salman ITB.

AYO BACA : Mengenal 4 Masjid Tertua di Kota Bandung

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar