Yamaha Aerox

Penumpang di BIJB Diberi Diskon Hotel dan Kuliner Cirebon

  Selasa, 09 Juli 2019   Erika Lia
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik (tengah) saat Rapat Koordinasi Penguatan Image BIJB dan Program Promosi Jawa Barat 2019 di Hotel Aston, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Selasa (9/7/2019). (ERika Lia/Ayocirebon.com)

MAJALENGKA, AYOBANDUNG.COM -- Sebagai salah satu upaya promosi menggenjot Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka, hotel se-wilayah Cirebon memberikan diskon kepada para penumpang bandara berkode KJT ini. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik mengatakan, diskon yang diberikan berkisar 50-60 persen bagi penumpang yang memiliki tiket/boarding pass penerbangan melalui BIJB.

"Nanti dibuat MoU antara hotel-hotel di Wilayah Cirebon dengan BIJB untuk special rate," katanya seusai Rapat Koordinasi Penguatan Image BIJB dan Program Promosi Jawa Barat 2019 di Hotel Aston, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Selasa (9/7/2019).

Rakor dihadiri dari dinas pariwisata se-Wilayah Cirebon, dinas perhubungan, maupun pelaku usaha pariwisata.

AYO BACA : Cisumdawu Belum Rampung, Pemerintah Subsidi Damri Gratis Setahun!

Diskon itu berlaku di hotel-hotel se-wilayah Cirebon yang meliputi Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan.

Selain dengan hotel, hal serupa rencananya diberlakukan pula bagi produk kuliner di wilayah ini. Menurut Dedi, promosi semacam itu merupakan bentuk take and give antara BIJB dengan pelaku usaha wisata untuk saling mempromosikan.

Selain memberi diskon rate hotel maupun produk kuliner, upaya mempromosikan wisata Cirebon dan BIJB dilakukan pula melalui festival yang digelar masing-masing pemerintah daerah.

"Festival-festival apapun harus diangkat. Branding festival-festival itu dengan BIJB," ujarnya.

AYO BACA : Dukung BIJB Kertajati, Tol Cisumdawu Ditarget Rampung Akhir 2020

Promosi lainnya adalah mengisi dome yang ada di area BIJB. Tak ketinggalan, Dedi dalam kesempatan itu mengingatkan pemda untuk menjaga kebersihan dan mengelola sampah secara masif sebagai bagian penting dari suksesi sektor pariwisata Jabar.

Dia mengingatkan, pemda harus menangkap peluang besar dengan keberadaan BIJB. Sejak pengalihan penerbangan dari Bandara Husein Sastanegara Bandung ke Bandara Kertajati pada 1 Juli 2019, pergerakan orang di BIJB sudah mencapai 3.600-4.000 orang dengan 36 penerbangan.

"Di Husein pergerakannya mencapai 10.000 orang, artinya sedikit lagi bisa menyamai," cetusnya.

Sementara itu, VP of Commercial and Business Development PT BIJB, Dian Nurahman dalam kesempatan itu memaparkan, BIJB memiliki sejumlah program mendukung pariwisata daerah, khususnya di Wilayah Cirebon. Mekanisme yang digunakan dalam hal ini berupa joint promotion.

"Ada sekitar 24 institusi yang sudah kerjasama dengan BIJB melalui program joint promotion, meliputi hotel, pengelola kawasan wisata, dan pengusaha industri kreatif," paparnya.

Joint promotion memungkinan kedua pihak, BIJB dan ke-24 institusi tersebut, saling mempromosikan produknya. Selain ke-24 institusi itu, program serupa juga dikerjasamakan BIJB dengan pemerintah kabupaten dan pemerintah kota se-Wilayah Cirebon.

BIJB dalam hal ini mempromosikan potensi wisata daerah kepada para penumpang yang datang dan berangkat dari BIJB. Program promosi semacam itu untuk memaksimalkan publikasi dan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya turis domestik, asing, dan pelaku bisnis.

AYO BACA : Calhaj Kabupaten Cirebon Batal Berangkat dari BIJB Kertajati

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar