Yamaha Mio S

Menggunakan Kaus Kaki Membuat Tidur Lebih Nyenyak

  Rabu, 10 Juli 2019   Adi Ginanjar Maulana
Ilustrasi tidur (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Menurut Institut Kesehatan Nasional, saat tidur tubuh membutuhkan fungsi tubuh dan otak. Pada malam hari, tubuh beristirahat sedangkan organ internal bekerja keras sepanjang malam. 

Jadi, keesokan harinya otak akan berpikir lebih jernih, respon yang cepat dan fokus yang lebih baik. Gunakanlah kaus kaki untuk tidur yang lebih nyenyak.

Menurut National Sleep Foundation, menjaga kaki tetap hangat saat tidur membuat kualitas tidur lebih baik. Tidur dengan keadaan kaki dingin akan membuat pembuluh darah menyempit sehingga lebih sedikit darah yang bersirkulasi dan membuat tidur menjadi gelisah. 

Membiasakan diri memakai kaus kaki saat tidur dapat mengatur suhu internal tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang menggunakan kaus kaki akan cepat tidur dan akan tidur dengan nyenyak. 

Tubuh akan berada di suhu terendah nya pada pukul 4 pagi. Menjaga kaki tetap hangat akan membantu melebarkan pembuluh darah yang disebut vasodilatasi yang meningkatkan aliran darah pada kulit sehingga dapat menghangatkan tubuh. 

Rata-rata suhu tubuh manusia adalah 98,6 derajat fahrenheit dan dapat berubah 1 hingga 2 derajat selama 24 jam. Suhu tubuh manusia dipengaruhi ritme sirkadian yang membengatur pola tidur malam hingga pagi hari. 

Suhu tubuh terus mengalami peningkatan sepanjang hari. Puncaknya adalah pada sore hari. Pada malam hari suhu tubuh akan semakin menurun dan disinilah kantuk akan menyerang. 

Berikut alasan penting mengapa tidur harus menggunakan kaus kaki:

1. Meningkatkan sirkulasi darah 

Sirkulasi yang buruk akan menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah dan kaki akan bengkak dan terasa dingin. Gunakanlah kaus kaki jenis katun yang akan menghangatkan kaki saat tidur. Dengan begitu sirkulasi darah akan menjadi lancar. 

2. Mencegah kepanasan

Wanita dalam fase menopause akan mengalami suhu tubuh panas secara tiba-tiba tubuh berkeringat, jantung berdebar dan lain-lain. Memakai kaus kaki pada malam hari akan menurunkan suhu tubuh inti dan mencegah tubuh dari rasa panas.

3. Memberi manfaat pada seks

Menurut para peneliti Universitas Groningen, pasangan yang memakai kaus kaki saat berhubungan seksual akan mengalami orgasme dan memiliki kualitas seks yang baik. 

4. Mencegah penyakit Raynaud

Penyakit Raynaud adalah penyakit yang memiliki gejala kaki dan tangan menjadi sangat dingin. Kurangnya aliran darah pada tangan dan kaki akan menyebabkan mati rasa. Dengan menggunakan kaus kaki akan membuat kaki menjadi hangat. 

Kaus kaki yang nyaman digunakan saat tidur adalah yang terbuat dari bahan yang lembut seperti kasmir, wol atau katun. Sebaiknya pakai kaus kaki yang pas agar tidak mengurangi sirkulasi dan tingkat suhu yang tepat. Konsultasikan ke dokter terlebih dahulu jika memilih kaus kaki kompresi.

Intinya, menggunakan kaus kaki saat tidur dapat membantu tidur lebih cepat dan meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.(Sofa Marwati)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar