Yamaha Aerox

Bahar bin Smith Divonis 3 Tahun Penjara

  Selasa, 09 Juli 2019   Nur Khansa Ranawati
Terdakwa kasus dugaan penganiayaan terhadap remaja Bahar bin Smith berbincang dengan petugas kepolisian sebelum menjalani sidang putusan di gedung Arsip dan Perpustakaan, Bandung, Jawa Barat, Selasa (9/7/2019). (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Hakim mengganjar hukuman kurungan selama 3 tahun dan denda Rp50 juta subsider kurungan 1 bulan bagi terdakwa penganiayaan dua remaja, Bahar bin Smith. Putusan ini berkurang setengahnya dari tuntutan yang disampaikan dalam persidangan sebelumnya, yakni 6 tahun penjara dan denda Rp50 juta subsider kurungan 3 bulan.

Hal tersebut diputuskan Hakim Ketua, Edison Muhammad, dalam sidang vonis yang digelar Pengadilan Negeri Bandung di gedung Perpustakaan dan Kearsipan, Jalan Seram, Selasa (9/7/2019) siang. 

"Majelis menilai bahwa pidana yang akan dijatuhkan pada terdakwa patut, tepat dan adil juga sesuai dengan tingkat kesalahan yang diperbuat," ungkap Edison sesaat sebelum membacakan putusan dan mengetuk palu.

Selepas Edison membacakan putusan hukuman, para kuasa hukum Bahar menyambutnya dengan bersorak dan meneriakkan takbir. Bahar menyalami para hakim dan mencium bendera sembari berteriak takbir saat persidangan ditutup.

Dalam kasus ini, Bahar dinilai terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penganiayaan terhadap CAJ (18) dan MKU (17) di Ponpes Tajul Alawiyyin, Kemang, Kabupaten Bogor pada 1 Desember 2018.

Adapun hal yang dinilai memberatkan Bahar dalam persidangan adalah bahwa perbuatannya menyebabkan dua orang menjadi korban serta merugikan nama baik para ulama dan santri di lingkungan pesantren.

Sementara, hal yang meringakan di antaranya adalah mengakui dan menyesali perbuatannya, sudah berupaya berdamai dan meminta maaf dengan korban, serta dirinya merupakan tulang punggung keluarga. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar