Yamaha Lexi

Cilor, Jajanan Kenyal nan Gurih Khas Bandung

  Selasa, 09 Juli 2019   Fira Nursyabani
Cilor Indra, di depan Yogya Kepatihan, Jalan Kepatihan, Bandung. (Dok. Sita Pebriani)

BALONGGEDE, AYOBANDUNG.COM -- Jalan-jalan di Bandung rasanya belum asyik jika belum mencoba jajanan khasnya yang enak. Selain batagor, cilok, dan baso tahu, Anda perlu mencoba cilor.

Cilor merupakan singkatan dari cilok telor. Cilor terbuat dari aci yang dibentuk seperti cilok berukuran kecil lalu ditusuk dan dibalut dengan telur, kemudian digoreng. Jajanan ini sangat mudah ditemukan di manapun, mulai dari pinggir jalan hingga pusat perbelanjaan besar. 

AYO BACA : Bola Obi, Jajanan Turun Temurun Khas Kota Bandung

Meski harganya murah, rasa jajanan khas yang kenyal dan gurih ini sangat memanjakan lidah. Dengan dilengkapi saus, pembeli dipastikan akan ketagihan untuk menyantapnya lagi dan lagi.

Salah seorang penjual cilor yang ditemui ayobandung.com, Indra, mengatakan ia sudah mulai berjualan sejak 2012. Ia biasanya berjualan di depan Yogya Kepatihan di Jalan Kepatihan No.18, Kota Bandung.

AYO BACA : 5 Jajanan Es Asli Indonesia yang Wajib Dicoba

“Bedanya cilor saya terletak dari kenyal dan gurihnya itu,” tutur Indra.

Cilor dagangannya dibandrol dengan harga Rp5.000 untuk satu ikat yang terdiri dari 5 tusuk cilor. Biasanya ia berjualan setiap Kamis-Minggu mulai pukul 12.00 WIB hingga 22.00 WIB malam. Pelanggannya pun banyak, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Dalam satu harinya ia bisa menghabiskan 400-500 tusuk cilor untuk dijual. Jika Anda juga ingin merasakan cilor yang gurih dan renyah Indra, langsung datang saja di Jalan Kepatihan tepatnya di Pintu Masuk Yogya Kepatihan.

“Biasanya hari yang paling ramai itu weekend hari Sabtu dan Minggu dan semoga aja cilor ini makin lancar aja usahanya,” tutup Indra. (Sita Pebriani)

AYO BACA : Kuliner Bandung: Pedasnya Pentol Buto, Jajanan Kuliner Kekinian

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar