Yamaha

Miris, Sungai Area Kasepuhan Cirebon Dipenuhi Sampah

  Senin, 08 Juli 2019   Erika Lia
Tumpukan sampah di Kali Sipadu di sekitar area Keraton Kasepuhan Cirebon. Pemandangan semacam ini 'rutin' terjadi dan dinilai merugikan wisata Kota Cirebon. (Erika Lia/Ayocirebon.com)

CIREBON, AYOBANDUNG.COM -- Sungai di sekitar area Keraton Kasepuhan Cirebon tertutup sampah. Hal itu kemudian dinilai berdampak buruk pada wisata Kota Cirebon.

Tumpukan sampah tersebut mengambang di Kali Sipadu yang berada di sekitar area keraton. Tak hanya merusak pemandangan, sampah yang bercampur air itu mengeluarkan bau tak sedap.

Menurut Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon, Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat, sampah-sampah itu "rutin" datang. Beberapa kali dibersihkan, tapi sampah-sampah itu seolah tak henti berdatangan.

"Sering (sampah-sampah itu menumpuk di sungai). Kami secara rutin membersihkan, tapi kerepotan karena kiriman sampah ini," ungkapnya kepada Ayocirebon.com, Senin (8/7/2019).

Dia menjelaskan, sampah-sampah itu datang dari daerah hulu sungai yang melintasi ke keraton dan terus mengalir ke Pantai Cangkol. Setiap kali dibersihkan, pihaknya "meraup" banyak sampah. Meski begitu, setiap dibersihkan, sampah-sampah itu kembali berdatangan dan terus seperti itu.

Arief tak menampik keberadaan sampah-sampah itu merugikan Keraton Kasepuhan Cirebon sebagai salah satu destinasi wisata Kota Cirebon. Menurutnya, salah satu wisatawan bahkan pernah mengkritik Kali Sipadu yang bau dan kotor.

"Kami sudah menyurati Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung berulang-ulang," terangnya.

Pihaknya mengkhawatirkan potensi kondisi itu pada gilirannya akan merugikan Kota Cirebon sendiri. Terlebih, saat ini Kota Cirebon tengah menata diri sebagai daerah wisata demi mencapai target 2 juta wisatawan.

Sayangnya, terkait situasi itu, belum ada tanggapan dari otoritas terkait. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon, Abdul Syukur tak bisa dihubungi.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar