Yamaha Lexi

Jaga Kualitas Udara, DLH Cimahi Siap Uji Emisi Kendaraan

  Senin, 08 Juli 2019   Faqih Rohman Syafei
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi, M. Ronny. (Faqih Rohman Syafei/Ayobandung.com)

CIMAHI UTARA, AYOBANDUNG.COM--Evaluasi kualitas udara perkotaan tetap baik, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi akan melakukan uji emisi kendaraan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi, M. Ronny menjelaskan masyarakat Kota Cimahi boleh mengikuti uji emisi ini untuk kendaraan roda empat maupun roda dua. Pengujian bertujuan untuk memastikan emisi kendaraan di Kota Cimahi sesuai dengan baku mutu.

Uji emisi ini gratis, tanggal 16 Juli 2019 di Jalan Gedung Empat, 17 Juli di Jalan HMS Mintaredja dan 18 Juli di Pasar Citereup Cimahi. Kalau tujuannya, agar udara di Kota Cimahi masih tetap baik, ujarnya kepada ayobandung.com, Senin (8/7/2019).

AYO BACA : Kendaraan Dinas Wajib Lulus Uji Emisi

Dia menyebutkan parameter pengujian meliputi kandungan partikulat, sulfur dioksida, nitrogen oksida, opasitas dan laju air. Kendaraan yang lulus dalam uji emisi ini akan diberikan sertifikat lolos uji, sebaliknya yang tidak lolos tidak diberikan sertifikat.

Kendaraan yang diuji dengan berbagai parameter yang telah ditentukan. Kalau yang memenuhi baku mutu, wajar atau boleh dibuang emisinya berdasarkan ketentuan akan diberikan sertifikat, katanya.

Ronny mengatakan indeks kualitas udara di Kota Cimahi sampai saat ini masih tergolong baik, dibanding dengan air dan pengeloaan sampah. Sehingga untuk menjaga agar tetap baik, pihaknya langkah-langkah antisipasi salah satunya dengan uji emisi.

Indeks kualitas udara Cimahi baik, diukur berdasarkan uji parameter yakni emisi dari perumahaan, industri, dan jalan raya. Unsur-unsur ini ditentukan oleh Kementerian, pungkasnya. 

AYO BACA : Awas, KLH Sasar Pengendara Cimahi

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar