Yamaha

Pentingnya Tidur Siang Saat Bekerja

  Senin, 08 Juli 2019   Fira Nursyabani
Ilustrasi. (Pixabay/Jess Foami)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Tidur siang ternyata sangat dibutuhkan tubuh karena dapat memberikan energi besar dari. Namun, tidur siang selalu dipandang negatif. Orang-orang yang sering tidur siang biasanya disebut pemalas, memiliki penyakit, atau berusia senja.

Nyatanya, ada segudang manfaat yang bisa kita dapatkan dari tidur siang. Berikut ulasannya, dilansir di positivetruenews.com, Senin (8/7/2019).

Baik untuk tubuh

AYO BACA : Trik Tidur Cepat ala Tentara AS

Penelitian menunjukkan tidur siang dapat meningkatkan kinerja dan memicu pola pikir yang positif. Tidur siang juga bisa membantu meningkatkan produktivitas Anda.

Sebenarnya manusia memiliki siklus alami dalam merasakan kantuk. Manusia biasanya akan mengantuk selama dua periode dalam 24 jam, yakni pada siang hari antara pukul 13.00 hingga pukul 15.00 dan setelah tengah malam antara pukul 02.00 hingga pukul 04.00.

Setiap kali kita memasuki waktu ini, fokus akan mulai goyah. Jika kita bisa sebentar saja tidur siang, kita bisa mendapatkan kembali energi dengan cepat untuk memulihkan fokus dan konsentrasi.

AYO BACA : 7 Faktor Yang Mempengaruhi Tubuh Jika Anda Kurang Tidur

NASA telah melakukan penelitian pada astronot dan menemukan bahwa tidur siang selama sekitar 26 menit dapat meningkatkan kinerja mereka sekitar 34%. Mereka menjadi lebih waspada sekitar 54%.

Jenis proses memori mendapat dorongan karena tidur siang yang dapat membuat kita lebih kreatif. Jika Anda tidur siang dan bermimpi, maka itu dapat memiliki efek positif yang signifikan pada kemampuan belajar dan memori Anda.

Tidur siang selama 30 menit tiga kali sehari dapat menurunkan kemungkinan penyakit kardiovaskular dan kematian hingga 37%. Tidur siang juga dapat membantu tubuh Anda menurunkan dan mengelola tingkat tekanan darah.

Tentu saja, pengurangan stres dan relaksasi memiliki manfaat psikologis yang sangat besar. Jadi, ilmu pengetahuan telah membuktikan manfaat besar tidur siang bagi ingatan hingga kesehatan. (Nadiah Hamdan)

AYO BACA : Pola Tidur yang Buruk Dapat Merusak Kesehatan Jantung

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar