Yamaha

6 Makanan Sehat yang Membantu Kontrol Rasa Lapar

  Sabtu, 06 Juli 2019   Dadi Haryadi
(Pixabay.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Apakah Anda selalu merasa lapar? Apakah rasa lapar membuat Anda makan makanan secara berlebihan dan membuat berat badan meningkat?

Seringkali saat Anda merasa lapar hingga tidak tertahankan, tetapi hal itu justru mengganggu bahkan menjengkelkan. Merasa lapar sepanjang waktu, walaupun sudah makan dapat disebabkan oleh berbagai alasan seperti stres, ketidakseimbangan hormon, kadar gula darah rendah, efek samping obat-obatan tertentu, keasaman, dan lain-lain.

Hormon memainkan peran penting dalam regulasi rasa lapar dan penumpukan lemak didalam tubuh Anda. Ada dua jenis hormon yang terlibat dalam hal ini, yaitu ghrelin dan leptin.

Hormon ghrelin menyebabkan rasa lapar dengan mengirimkan sinyal ke otak. Jika hormon ini dikeluarkan secara berlebihan di dalam tubuh maka efeknya tubuh Anda akan merespon dengan makan secara berlebih. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh, akibatnya menambah berat badan.

Sedangkan Leptin bertanggung jawab untuk menekan nafsu makan yang mengirimkan sinyal ke otak bahwa Anda kenyang, yang akan mencegah makan terlalu banyak dan penumpukan lemak dalam tubuh. Jika leptin tidak dikeluarkan dengan tepat, Anda akan merasa lapar, menyebabkan kenaikan berat badan. Karena itu, sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang membantu meningkatkan kadar leptin dan menurunkan kadar ghrelin.

Berikut ini, 6 makanan yang membantu mengontrol rasa lapar, seperti dikutip dari boldsky, Sabtu (6/7/2019).

1. Telur

Berbagai penelitian telah mengungkapkan bahwa makan telur untuk sarapan pagi akan menekan hormon ghrelin. Karena itu, Anda akan merasa kurang lapar di siang hari dan juga mengonsumsi lebih sedikit kalori.

2. Wortel

Kaya akan serat dan karotenoid, mengonsumsi wortel sebagai camilan di sela-sela waktu makan dapat membantu mengurangi produksi asam di lambung dan mengurangi rasa lapar.  Hak ini disebabkan karena kandungan serat yang kaya dari sayuran termasuk pada wortel.

3. Oat

Oat mengandung serat tidak larut yang dapat mengisi perut Anda dan membantu dalam produksi asam lemak yang dikenal sebagai butirat, yang mengurangi peradangan dalam tubuh. Kandungan karbohidrat dalam oatmeal dapat membuatkenyang untuk waktu yang lebih lama, sehingga mencegah rasa lapar dan akibatnya makan berlebihan.

4. Alpukat

Dianggap sebagai salah satu buah tersehat, alpukat memiliki banyak manfaat kesehatan. Karena alpukat mengandung antioksidan, ia dapat mengurangi produksi asam pencernaan di perut untuk mengurangi rasa lapar.

5. Yoghurt

Memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti kemampuan untuk meningkatkan kesehatan usus kita, dengan mempromosikan pertumbuhan bakteri sehat serta kesehatan vagina, yoghurt adalah cara yang mudah untuk mengatasi rasa lapar. Salah satu yoghurt yang bagus adalah yoghurt Yunani yang dapat menetralkan asam di perut Anda, sehingga mengurangi rasa lapar.

6. Kedelai

Sebagai sumber protein yang baik, kedelai membutuhkan waktu untuk disintesis. Dan ini bisa membuatnya menjadi obat yang efektif untuk mengontrol rasa lapar. Beberapa jenis makanan lain yang dapat membantu mengendalikan rasa lapar adalah jahe, kopi, lentil, apel, dan lain-lain.

Meskipun makanan ini efektif untuk mengendalikan rasa lapar terus-menerus, pastikan untuk memakannya dalam jumlah sedang; karena makanan dalam jumlah besar tidak akan pernah bermanfaat bagi tubuh Anda. (Nadia Syailana/Magang)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar