Yamaha Mio S

Begini Cara Hentikan Kebiasaan Buruk

  Sabtu, 06 Juli 2019   Dadi Haryadi
Ilustrasi kebiasan buruk. (istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Kebiasaan buruk dapat mengganggu beberapa cara  kita dalam kehidupan. Kebiasaan buruk itu membuat Anda tidak mencapai tujuan dan mungkin mengganggu teman, keluarga, dan kerabat Anda.

Kita semua memiliki setidaknya beberapa kebiasaan buruk. Mari kita ubah kebiasaan buruk tersebut menjadi kebiasaan yang baik dan bermanfaat. Contoh kebiasaan buruk, mungkin Anda seorang perokok, sering mengalami stres, atau selalu melakukan hal yang ekstrem.

Untuk mengubah kebiasaan ini, Anda harus memutuskan dari hati untuk mengubahnya. Tetapi perubahan lebih mudah untuk diniatkan terlebih dahulu lalu benar-benar dilakukan perubahannya. Dan, seringkali, kita kembali ke kebiasaan lama.

Hal itu membuat kami bertanya-tanya, apa yang membuat kebiasaan lama menjadi sulit diubah? Dan, apa yang diperlukan untuk benar-benar berubah demi kebaikan?

Berikut ini, cara mengubah kebiasaan buruk seperti dikutip dari halaman en.softonic, Sabtu (6/7/2019).

Apa yang membuat kebiasaan?
\nKebiasaan yaitu sesuatu yang sering kita lakukan secara terus menerus yang disebut lingkaran kebiasaan. Dalam membentuk kebiasaan yang baik tiga tahap: teladan dalam hal baik, dilakukan secara rutin, mendapat penghargaan berupa pahala.

Kebiasaan buruk dan kebiasaan baik diperkuat oleh sistem,yang secara inheren dibangun ke dalam jiwa kita. Jadi, dengan sesuatu seperti merokok, mungkin karena bosan, yang mendorong Anda untuk terbiasa dalam hal buruk. Dari merokok membuat Anda malas untuk melakukan pekerjaan yang positif. Penghargaannya berasal dari hasrat kecil itu dan dalam bentuk memuaskan hasrat nikotin.

Menghentikan kebiasaan, berarti Anda perlu mengatur kebiasaan baru. Jadi kebiasaan buruk contohnya merokok, itu diubah menjadi membeli yang lain. Dan mengganti kebiasaan harian dengan cara olahraga, tidak mengingat kebiasaan buruk, memaksakan untuk mengubah kebiasaan lama, menyibukan diri dengan hal positif sehingga Anda lupa dengan kebiasaan buruk dan terbiasa dengan kebiasaan yang baik. Contoh lain adalah senang makan makanan junk food, mungkin masalah tersebut harus diganti ke makanan sehat yang tidak mengandung gula berlebih, cari makanan yang kaya akan protein.

Beberapa penelitian mengatakan butuh tiga minggu untuk mengaturkebiasaan baru Anda, bahkan biasanya bisa lebih lama. Setidaknya kurang lebih 60 hari. Jadi, jika Anda mengubah pola makan atau berhenti merokok, dari ketidaknyamanan sebelum perubahan itu terasa alami.

Di luar penyesuaian kebiasaan yang panjang itu, kita semua mengambil risiko berat sesekali. Hal-hal seperti bepergian, situasi makan bersama atau pesta, dan stres semua dapat memicu kembali ke kebiasaan buruk, jadi bertahan pada tujuan Anda membutuhkan beberapa keterampilan dan hidup dalam lingkaran yang baik. (Yuliana Nadiah Hamdan/Magang)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar