Yamaha NMax

Rekayasa Jalan Cipaganti-Sukajadi Berimbas Pada 11 Trayek Angkutan Umum

  Jumat, 05 Juli 2019   Fira Nursyabani
Sejumlah kendaraan saat melintas di Jalan Cipaganti, Kota Bandung, Kamis (4/7/2019). (Irfan Al-Faritsi/ayobandung.com)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 11 trayek angkutan umum akan terdampak dari adanya rekayasa lalu lintas searah yang akan diterapkan di Jalan Sukajadi dan Jalan Cipaganti, Kota Bandung.

Namun, Kepala Seksi Manajemen Transportasi Dishub Kota Bandung, Sultoni, mengatakan sejumlah angkutan umum yang akan terdampak tersebut mengaku akan mendukung rencana rekayasa tersebut demi mengurai kepadatan lalu lintas.

"Koperasi angkutan umum sudah dikoordinasikan. Mereka siap menyesuaikan rutenya. Damri juga sudah rapat koordinasi dan siap mendukung dan siap mengalihkan rutenya,” kata Sultoni di Balai Kota Bandung, Kamis (4/7/2019).

AYO BACA : Rekayasa Jalan Cipaganti-Sukajadi Mulai Berlaku 11 Juli, Begini Rutenya

Sejumlah trayek angkot tersebut di antaranya Abdul Muis-Ledeng, Cicaheum-Ledeng, Cicaheum-Ciroyom, Margahayu Raya-Ledeng, Sederhana-Cipagalo, Cibaduyut-Karang Setra, St. Hall-Ciumbuleuit via Eyckman, kemudian St. Hall-Ciumbuleit via Cihampelas, selanjutnya Ciroyom-Sarijadi via Sukajadi, kemudian Ciroyom-Sarijadi via Setrasari Mall, serta terdapat Damri jurusan Leuwi Panjang-Ledeng.

Selain itu Sultoni juga mengatakan pihaknya telah mempertimbangkan dampaknya kepada masyarakat yang menggunakan transportasi umum tersebut. Menurutnya, para pengguna angkutan umum saat ini kebanyakan diisi oleh pelajar dan mahasiswa.

Sesuai dengan rencana sebelumnya, kata dia, Jalan Sukajadi akan menjadi satu arah dari Jalan Pasteur ke Jalan Setiabudi. Kemudian perubahan besar lainnya yakni arus Jalan Cipaganti yang dibalik arahnya menjadi dari Jalan Setiabudi menuju ke Pasteur dengan tetap dipertahankan satu arah.

AYO BACA : Pemkot Bandung Sempurnakan Rekayasa Jalan Sukajadi dan Cipaganti

“Rekayasa mulai 11 Juli hingga 18 Juli. Setelah itu dievaluasi. Kalau melihat simulasi kemungkinan bisa dilaksanakan, hanya saja perlu penyempurnaan karena tidak bisa sekali uji coba langsung jadi, kita ingin lalu lintas di Kota Bandung lancar," kata dia.

Sultoni juga memaparkan, rekayasa kawasan Sukajadi juga berdampak terhadap lokasi parkir. Sejumlah tempat parkir resmi bakal turut dievaluasi, sedangkan area parkir liar akan ditertibkan. “Parkir akan kita benahi dan sesuaikan," katanya.

Sementara itu, Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung, Kompol Bayu Catur Prabowo, mengatakan pihaknya beserta Dishub akan memaksimalkan rencana rekayasa kawasan Sukajadi secara detail. Selain pemasangan rambu, sejumlah petugas khusus juga akan ditempatkan di beberapa titik rawan yang mengalami perubahan.

“Kita juga akan menempatkan sejumlah personil di titik-titik rawan kemacetan," tuturnya.

AYO BACA : Bandoeng Baheula: Meluruskan Sejarah Masjid Cipaganti (1)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar