Yamaha Lexi

9 Cara Mencuci Rambut Dengan Baik dan Benar

  Kamis, 04 Juli 2019   Dadi Haryadi
Ilustrasi keramas. (istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Mencuci rambut adalah hal yang tidak asing lagi bagi setiap individu yang ada di dunia ini.  Walaupun terlihat sederhana namun masih banyak orang yang melakukan sedikit kesalahan dalam mencuci rambut yang mungkin akan merusak rambut Anda.

Mencuci rambut tidak hanya keramas dan mengondisikan rambut Anda. Ada hal-hal tertentu yang perlu diingat saat mencuci rambut. Misalnya, salah satu kesalahan paling umum yang kita lakukan saat mencuci rambut adalah menggunakan air panas. Ini akan menyebabkan kerusakan pada rambut yang mungkin banyak yang belum mengetahui hal ini.

Tekstur dan penampilan rambut Anda sangat bergantung pada cara mencucinya. Rambut yang tidak dicuci dengan baik akan menjadi keriting dan rapuh seiring waktu. Bahkan dapat menyebabkan rambut rontok dan ujung rambut yang bercabang.

Untuk mencegah semua itu terjadi, Anda perlu mengambil tindakan pencegahan. Tetapi sebelum itu, sangat penting untuk memilih produk yang tepat untuk rambut. Jangan hanya membeli produk rambut hanya karena menyukai kemasannya atau hal semacam itu. Ketahui jenis rambut dan kemudian beli produk yang sesuai dengan jenis rambut. Berikut ini 9 cara mencuci rambut dengan baik dan benar seperti dikutip dari boldsky, Jumat (4/7/2019).

1. Menyisir rambut

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum mandi adalah menyisir rambut secara menyeluruh dan memastikan agar rambut tidak kusut. Ini adalah langkah yang sering orang lewatkan. Menyisir rambut di awal juga memastikan bahwa apakah shampo yang digunakan cocok atau tidak. Karenanya, ini merupakan langkah awal yang bagus untuk dilakukan sebelum mencuci rambut Anda.  

2. Suhu Air

AYO BACA : 3 Kandungan Makanan untuk Atasi Rambut Berminyak

Langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa air berada pada suhu yang tepat. Idealnya, harus suam-suam kuku (hangat). Ini akan membuka pori-pori dan membantu menyingkirkan semua kotoran dari folikel rambut untuk memberikan Anda pembersihan yang lebih baik. Bilas rambut dan kulit kepala Anda dengan air hangat.

3. Keramas

Sekarang, lakukanlah keramas yang bersih. Ambil sampo secukupnya di tangan Anda, tergantung pada panjang rambut Anda kemudian pijat dengan lembut di bagian kulit kepala Anda selama beberapa saat kemudian usapkan ke rambut Anda. Jika Anda merasa rambut masih berminyak, gunakanlah shampo lagi dengan jumlah yang lebih sedikit dari sebelumnya dan bilas rambut sampai bersih untuk menghilangkan semua shampo itu.  

4. Kondisioner

Langkah selanjutnya dan yang sangat penting adalah gunakan kondisioner pada rambut Anda. Ini adalah langkah yang jarang dilakukan. Tetapi Anda tidak boleh melewatkan hal ini untuk rambut. Kondisioner dapat melembabkan, menghaluskan, dan meningkatkan penampilan keseluruhan rambut Anda. Sebelum menggunakan kondisioner, pastikan untuk memeras rambut perlahan. Ambil sedikit kondisioner pada telapak tangan Anda dan oleskan kondisioner dari tengah rambut ke ujung rambut. Anda tidak boleh menerapkan kondisioner pada akar, karena hal tersebut akan merusak rambut. Biarkan sekitar 5 menit dan bilas sampai bersih.  

5. Bilas dengan air dingin setelahnya

Ingat, karena Anda mulai mencuci rambut dengan air hangat? Nah, untuk menyelesaikan nya, perlu membilas rambut menggunakan air dingin. Ini akan membantu menutup pori-pori dan melindungi kulit kepala dari kotoran sehingga memastikan rambut sehat dan kuat.  

AYO BACA : Atasi Rambut Rontok dengan Minyak Kelapa

6. Keringkan rambut 

Setelah itu jangan lupa untuk mengeringkan rambut anda, tetapi harus secara perlahan dan tidak boleh menggosok rambut terlalu kencang karena itu akan merusak dan membuat rambut rontok. Gunakan handuk dan bungkus di sekitar rambut dengan perlahan.

7. Menyisir dengan jari

Setelah Anda membuang sisa air dari rambut, cobalah untuk menyisir rambut Anda perlahan dengan menggunakan jari kemudian lepaskan selembut mungkin. Jangan gunakan sisir pada rambut basah Anda karena akan menyebabkan kerusakan rambut bahkan membuatnya rontok.  

8. Biarkan rambut kering

Biarkan rambut Anda kering dengan sendirinya. Jangan gunakan blow dryer untuk mengeringkannya. Dengan melakukan itu mungkin terlihat cepat dan mudah dilakukan, tetapi itu pasti bukan halbaik untuk rambut Anda. Menggunakan sesuatu yang panas pada rambut basah akan menyebabkan rambut rusak dalam jangka waktu yang panjang.  

9. Jangan keramas setiap saat

Mencuci rambut setiap hari adalah hal yang sangat tidak disarankan. Tidak ada jadwal untuk mencuci rambut, lakukanlah jika memang sudah benar-benar tidak merasa nyaman, berminyak, dan kotor dengan rambut Anda. 

Hal diatas adalah cara yang tepat untuk mencuci rambut, yang memastikan rambut sehat, kuat dan lebih terawat. Ini mungkin tampak seperti tugas sekarang, tetapi lambat laun akan menjadi kebiasaan. (Nadia Syailana/Magang)

AYO BACA : Seberapa Sering Harus Mencuci Rambut Berdasarkan Jenis Rambut

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar