Yamaha Mio S

10 Efek Merokok Bagi Kesehatan Kulit dan Rambut

  Kamis, 04 Juli 2019   Dadi Haryadi
(Pixabay.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Meski merokok banyak dilarang namun sudah terlanjur banyak orang di dunia ini yang menjadi pecandu rokok. Dampak negatif yang ada pada rokok sudah kita ketahui, di antaranya dapat merusak kecantikan tubuh sehingga menganggu penampilan Anda.

Ketika kita sudah menjadi pecandu rokok, akan sulit untuk melepaskannya. Walaupun kita apa yang akan terjadi nantinya kepada diri kita bahkan terhadap tubuh kita,  mengingat efek berbahaya dari merokok terhadap kesehatan dan kecantikan Anda seharusnya Anda hindari merokok dari rutinitas keseharian Anda.

Merokok adalah kebiasaan yang membuat Anda terlihat jauh lebih tua dari usia sebenarnya. Ini mengarah pada penuaan kulit, jerawat, kerontokan rambut, kerusakan gigi dan daftarnya terus bertambah. Merokok dapat menyebabkan efek buruk dan tahan lama pada kecantikan Anda yang tidak dapat dipulihkan.

Berikuti ini 10 efek merokok seperti dikutip dari boldsky.com, Kamis (4/7/2019).

1. Penuaan Kulit

Jika anda terlalu sering merokok bahkan Anda sudah menjadi pecandu, kulit anda mungkin akan mendapatkan efek penuaan yang sangat cepat. Ini adalah pengamatan umum bahwa orang-orang yang kecanduan merokok terlihat jauh lebih tua dari usia mereka. Kandungan nikotin yang ada dalam rokok melemahkan aliran darah ke kulit Anda. Sehingga kulit Anda tidak mendapatkan cukup oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan sehingga akan mempercepat proses penuaan.

Kerutan di sekitar mulut dan di sekitar mata akan terlihat jelas bagi para pecandu rokok. Bahkan hal itu akan terjadi pada lengan bagian dalam anda dan efek ini tidak bisa dipulihkan.

2. Jerawat

AYO BACA : Zaman Anak Milenial Enak (Tanpa) Merokok

Orang yang terlalu sering merokok cenderung lebih mudah timbul jerawat di wajahnya. Karena merokok meningkatkan ekskresi sebum kulit dan mengurangi kadar vitamin E.  Kelebihan sebum yang diproduksi di kulit akan menyumbat pori-pori kulit Anda dan akan menyebabkan wajah Anda berjerawat. Vitamin E bertindak sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas sehingga mengurangi kadar vitamin E akan mengurangi perlindungan kulit kita.

3. Bibir menjadi gelap

Efek lain dari merokok adalah penggelapan pada area bibir. Paparan nikotin yang konstan dapat menyebabkan perubahan warna bibir. Jika Anda perokok biasa, Anda akan menemukan bahwa warna perona pipi alami Anda akan memudar setelah beberapa saat, kemudian pada bibir Anda.  Panas yang konstan dan aliran darah yang lemah ke kulit Anda juga berkontribusi pada bibir yang gelap.

4. Lingkaran Hitam

Jika kita mendapati wajah yang memiliki lingkaran hitam biasanya dikaitkan dengan kurang tidur. Tapi sayangnya, itu tidak hanya dengan alasan tersebut. Kebiasaan kita sehari-hari terkadang dapat menyebabkan lingkaran hitam, dan merokok jelas merupakan salah satu alasannya. Merokok menghambat aliran darah ke kulit dan menyebabkan kulit tidak menerima nutrisi yang dibutuhkannya. Akibatnya kantong mata serta lingkaran di bawah area mata menjadi cukup terlihat jelas.  Merokok juga dapat membuat kulit Anda dehidrasi yang juga menyebabkan lingkaran hitam.

5. Kulit menjadi kendur

Efek berbahaya lain dari merokok adalah kulit menjadi kendur. Merokok mempengaruhi produksi kolagen kulit. Kolagen adalah protein yang bertanggung jawab atas elastisitas kulit. Karenanya, pengurangan kolagen berdampak pada elastisitas kulit dan kulit Anda mulai kendur. Jika Anda ingin mempertahankan kulit yang tampak muda dan sehat, merokok secara teratur adalah tindakan yang harus Anda hindari.

6. Jari-jari Anda menjadi kuning

AYO BACA : Pembatasan Iklan Rokok Pengaruhi Perilaku Merokok Masyarakat

Faktanya, merokok cenderung menodai jari-jari orang yang suka merokok. Tembakau yang ada dalam rokok memiliki kecenderungan pewarnaan kulit, dengan demikian jari-jari Anda akan menjadi kuning.  Tidak hanya jari-jari Anda, merokok juga menodai kuku Anda. Jadi, Anda mungkin harus mulai memikirkan hal ini.

7. Rambut rontok

Nah, tidak hanya kulit Anda, merokok juga memiliki efek berbahaya pada rambut.  Rambut rontok adalah salah satu masalah rambut yang akan Anda hadapi jika Anda sering merokok. Racun dalam tembakau menyebabkan kerusakan pada folikel rambut Anda yang menyebabkan rambut menjadi rontok. Selain itu, merokok mempersempit pembuluh darah dan melemahkan sirkulasi darah. Ini juga salah satu alasan yang bisa menyebabkan rambut rontok.

8. Kerusakan Rambut

Merokok juga menyebabkan kerusakan rambut.  Terlalu sering merokok membuat rambut Anda kering, kusam, dan rapuh. Ini karena menyusutnya pembuluh darah yang berdampak pada sirkulasi darah di kulit kepala Anda. Dan itu menyebabkan kerusakan rambut. Maka cobalah berhenti merokok dari sekarang!

9. Beruban sejak dini

Masalah rambut lain yang akan Anda hadapi jika Anda kecanduan merokok adalah rambut Anda mulai beruban. Penelitian telah menemukan bahwa orang yang merokok secara teratur cenderung mengalami rambut beruban sebelum usia 30 tahun. Hal ini dapat dikaitkan dengan fakta bahwa merokok menghasilkan radikal bebas dan yang dapat merusak sel-sel penghasil melanin. Melanin adalah pigmen yang bertanggung jawab atas warna rambut. Dengan demikian pengurangan produksi melanin akan menyebabkan rambut beruban.

10. Noda gigi

Ternyata merokok juga dapat menyebabkan noda pada gigi Anda. Tembakau tidak hanya dapat menodai jari-jari kita, tetapi juga gigi Anda. Anda akan melihat gigi menguning seiring waktu. Tidak hanya itu, merokok juga mempengaruhi gusi dan juga dapat menyebabkan kerusakan pada gigi, kehilangan gigi, bahkan bau mulut. 

Semua efek ini harus Anda ketahui sejak sekarang agar anda tidak menyesal di kemudian. Dan tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan gaya hidup.  Motivasi diri Anda, dan bantu diri Anda untuk berhenti merokok !! (Nadia Syailana/Magang)

AYO BACA : Resmi! Mengemudi Sambil Merokok Akan Ditilang

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar