Yamaha Lexi

Unik! Ada Masjid Berbentuk Kakbah di Jelekong

  Kamis, 04 Juli 2019   Mildan Abdalloh
Masjid Al-Majid yang bangunannya menyerupai Kakbah, di Jalan Irigasi, Kelurahan Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. (Mildan Abdalloh/ayobandung.com)

BALEENDAH, AYOBANDUNG.COM -- Masjid Al-Irsyad di Kota Baru Parahyangan rancangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil digadang-gadang terinspirasi oleh pusat kiblat Kakbah. Namun lain halnya dengan Masjid Al-Majid yang terletak di Jalan Irigasi, Kelurahan Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung.

Jika Masjid Al-Irsyad menjadikan Kakbah sebagai inspirasi, Masjid Al-Majid justru menjadikan Kakbah sebagai desain utamanya. Bagian luar masjid ini sangat menyerupai Kakbah, yang berbentuk kotak dibalut cat warna hitam.

AYO BACA : Mengenal Masjid Besar Rancaekek sebagai Saksi Zaman Penjajahan

Selain dihiasi kaligrafi berwarna emas, masjid tersebut juga memiliki replika Hajar Aswad yang dibuat dari ukiran semen dan dicat warna perak. Dari informasi yang dihimpun ayobandung.com, masjid tersebut baru rampung dibangun dua bulan sebelum Ramadan lalu, sehingga bisa digunakan untuk salat taraweh warga sekitar.

Pada mulanya, Masjid Al-Majid merupakan musala. Namun beberapa bulan lalu, seorang anggota polisi bernama Sandy mengubahnya menjadi masjid. "Dibangun oleh Pak Sandy," ucap salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya kepada ayobandung.com, Kamis (4/7/2019).

AYO BACA : Menilik Sejarah Masjid Mujahidin yang Proses Pembangunannya 37 Tahun

Menurutnya, Sandy merupakan anggota Polrestabes Bandung yang juga keturunan dari orang yang mewakafkan tanah untuk Masjid Al-Majid. Sandy dikabarkan mendesain masjid ini menyerupai Kakbah karena ingin memperlihatkan bentuk asli Kakbah kepada masyarakat. "Beliau punya usaha travel umroh," ujarnya.

Selain mirip dengan Kakbah, Masjid Al-Majid juga sangat nyaman. Bahkan di dalamnya dilengkapi dengan Air Conditioner yang membuat udara di ruangan menjadi sejuk.

Saat ini, masjid Al Majid menjadi tempat mengaji anak-anak warga sekitar, juga beberapa santri anak yatim, pada sore hari. Namun, sayang baik Sandy maupun DKM Masjid Almajid sedang ada keperluan sehingga belum bisa dimintai keterangan oleh ayobandung.com.
 

AYO BACA : Masjid Uswatun Hasanah, Istiqlal Mini di Tanjakan Nagreg

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar