Yamaha Lexi

Pangdam III Siliwangi Lanjutkan Pembangunan Citarum Harum

  Kamis, 04 Juli 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Komando Daerah Militer lll Siliwangi kembali merangkul Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), penggiat lingkungan di Wilayah Kodam III/Siliwangi, dan insan media untuk fokus kembali mendiskusikan program lanjutan Citarum Harum, di Markas Komando Daerah Militer lll Siliwangi, Kamis (4/7/2019). (Eneng Reni Nuraisyah Jamil/ayobandung.com)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Sebulan setelah Lebaran dan hiruk-pikuk perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres), Komando Daerah Militer lll Siliwangi kembali merangkul Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), penggiat lingkungan di Wilayah Kodam III/Siliwangi, dan insan media untuk fokus kembali mendiskusikan program lanjutan Citarum Harum.

Pangdam lll Siliwangi, Mayjen TNI, Tri Soewandono mengatakan, sebagai bentuk misi membangun Jawa Barat, pihaknya berjanji akan lanjutkan pembangunan Sungai Citarum. Terlebih, menurut Tri, Citarum Harum awal terbentuk dari keluhan penggiat lingkungan yang merasa bahwa Sungai Citarum terlihat kotor. Akhirnya disusun rencana oleh beberapa komponen masyarakat untuk mendesign kembali Citarum. 

AYO BACA : Bantuan Bank Dunia untuk Citarum Sasar 8 Daerah di Jabar

"Saat saya mendapatkan mandat ini pada 10 Desember 2018, kami mendapat perintah untuk melanjutkan program Citarum Harum. Sekalian menjalankan roadmap, segala macam, dan rencana pembangunannya. Dan, saya berjanji, saya akan melanjutkan," ucap Tri di Markas Komando Daerah Militer lll Siliwangi, Kamis (4/7/2019). 

Tri mengaku, pihaknya memiliki misi untuk memajukan Jawa Barat. Bahkan pihaknya terus membangun sinergitas pentahelik dengan mengajak seluruh elemen masyarakat dari kalangan kiai hingga masyarakay untuk turut serta memajukan Jawa Barat. 

AYO BACA : Cerita Mantan Pangdam III Siliwangi dan 22 Perwira Tangani Citarum

"Kita buktikan yang awal sungainya sangat terkotor menjadi sungai terbersih.Tapi memang sampah masih menjadi masalah kita bersma. Makanya dengan program Citarum ini semua pihak harus merasa memiliki dan bertanggung jawab utnuk terlibat dan bersatu untuk membangun visi yang sama. Karena dengan memiliki misi dan visi bersama kita bisa bersatu padu mengembalikan kondisi Citarum," lanjutnya.

Tak hanya itu, Tri menyebut sinergitas penggiat lingkungan, aktifis, hingga budayawan, juga turut serta membantu melanjutkan kembali pembangunan Citarum. Bahkan dibantu dengan insan media bersinergi untuk mengembalikan kondisi sungai Citarum agar kembali asri dan bersih.

"Kodam III, itu kita atur supaya bisa mengatur masyarakat, kemudian anggota melaksanakan kerja seperti yang digambar. Rupanya masyarakat Jawa Barat ini ketika kita ajak untuk membangun daerahnya ini, semua setuju," ujarnya.

AYO BACA : Sebagai Penguat, Bagaimana Jika Dibentuk 'Pajoang Citarum'?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar