Yamaha Aerox

Bisnis Stainless Straw Menjanjikan

  Kamis, 04 Juli 2019   Andres Fatubun
Sedotan stainless. (@thelittlethings.youneed)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Saat ini lingkungan kian terancam dengan meningkatnya jumlah sampah yang ada di bumi. Termasuk limbah sedotan plastik yang kini menjadi peringkat ke lima sebagai penyumbang sampah di seantero bumi.

Hal ini juga berlaku di Indonesia. Jumlah sampah sedotan ini jika disambung bisa tiga kali mengelilingi bumi. Dengan jumlah limbah yang begitu banyak membuat seluruh masyarakat kian resah, termasuk pemerintah. Sehingga saat ini pemerintah telah berupaya untuk melakukan pengurangan terhadap penggunaan plastik di swalayan misalnya.

Tidak hanya pemerintah, beberapa restoran dan juga cafe saat ini telah turut berpartisipasi dalam upaya mengurangi limbah plastik yang ada di Indonesia. Caranya dengan tidak lagi menyediakan sedotan plastik.

Sebagai penggantinya maka munculah sedotan berbahan stainless yang dapat digunakan berkali-kali. Sedotan yang tengah booming ini tentu membantu masyarakat yang gemar pergi ke restoran maupun cafe, tanpa "menghasilkan" limbah.

Sedotan berbahan stainless ini juga melahirkan bisnis baru seperti yang dilakoni Yona Fitriani. Selain untuk berbisnis, tidak lain dan tidak bukan hal ini dia lakukan untuk mencari keuntungan dalam berbisnis dan juga merupakan upaya dalam menyebarkan kebaikan dengan melalui berempati terhadap lingkungan.

“Hal utama dalam menjalankan bisnis ini, ingin merubah pola pikir masyarakat untuk berubah dari hal yang paling kecil namun bermanfaat, yakni dengan penggunaan stainless straw,” ujar Yona Fitriani.

Ia menjelaskan lebih lanjut harga stainless straw-nya senilai Rp. 17.000/pac yang berisikan dua buah straw beserta satu cleaning brush untuk membersihkan straw yang telah digunakan sehingga dapat digunakan kembali.

Ia memasarkan produknya itu melalui sosial media secara online, salah satunya adalah @thelittlethings.youneed.(Pauziah Hakim)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar