Yamaha Lexi

7 Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan

  Kamis, 04 Juli 2019   Dadi Haryadi
Minyak Ikan. (Pixabay.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Minyak ikan cukup populer dikalangan masyarakat luas. Ahli kesehatan sangat merekomendasikan minyak ikan yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Minyak ikan diambil dari lemak ikan air dingin seperti salmon, tuna, halibut dan lain-lain. Minyak ikan kaya akan omega-3, asam eikosapentaenoat (EPA), dan asam docosahexaenoic (DHA).

Minyak ikan mengandung 30% asam lemak omega-3 dan 70% nutrisi lainnya. Banyak sekali manfaat yang dimiliki minyak ikan. Dimulai dari penurunan berat badan sampai meningkatkan penglihatan. Biasanya minyak ikan tersedia dalam bentuk cair, tablet, kapsul, pil, atau gel. Tidak ada dosis tertentu untuk mengonsumsi minyak ikan, tapi direkomendasikan untuk asupan omega-3, EPA dan DHA 250-500 mg perhari. 100 gr minyak ikan mengandung 902 kalori energi dan 100 gr lemak.

Berikut manfaat minyak ikan, seperti dikutip dari boldsky, Kamis (4/7/2019):

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian di seluruh dunia. Sebuah penelitian membuktikan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi minyak ikan memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Minyak ikan dapat mengurangi kadar kolesterol, trigliserida, tekanan darah, dan serangan jantung. Maka dari itu seseorang yang memiliki sindrom metabolik dan penyakit jantung sangat disarankan untuk mengonsumsi minyak ikan secara teratur.

2. Menurunkan berat badan

Asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA) berperan pentingg dalam pembakaran lemak dalam tubuh.

3. Meningkatkan penglihatan

Lemak omega-3 dalam minyak ikan dapat meningkatkan penglihatan dan mencegah degenerasi makula.

4. Mengurangi peradangan

Minyak ikan memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah penyakit tertentu seperti rheumatoid arthritis.

5. Mencegah kanker

Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan dapat mencegah kanker payudara, prostat, dan kanker usus besar.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Mengonsumsi minyak ikan dengan teratur dapat meningkatkan kekebalan tubuh yang akan memerangi penyakit seperti flu, batuk, pilek, demam, dan ruam kulit.

7. Mengobati penyakit asma

Selain mencegah kanker, omega-3 juga dapat mengurangi peradangan paru-paru dan mengobati penyakit asma. (Sofa Marwati/Magang)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar