Yamaha Aerox

Kurangi Risiko Penyakit Jantung dengan Latihan Kekuatan Fisik

  Rabu, 03 Juli 2019   Dadi Haryadi
Ilustrasi penyakit jantung. (Pixabay.com)

Menjadi aktif secara fisik adalah cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular Anda serta dapat menurunkan berat badan. Ini bukanlah hal yang baru bagi kita. Namun, ketika kita merasakan efek dari aktivitas fisik yang dilakukan pada kesehatan jantung, sebagian besar penelitian sulit untuk membedakan antara berbagai jenis aktivitas fisik itu sendiri.

Dalam sebuah studi baru-baru ini - yang  dipresentasikan di American College of Cardiology (ACC) Konferensi Amerika Latin 2018 di Lima, Peru - menemukan bahwa sementara semua aktivitas fisik memiliki manfaatnya, kegiatan statis seperti latihan kekuatan fisik sebenarnya lebih rendah risiko penyakit jantung daripada melakukan kegiatan dinamis seperti bersepeda atau berjalan.

Temuan menunjukkan bahwa latihan kekuatan fisik lebih bermanfaat, dan hasil terbaik adalah dengan seseorang yang melakukan aktivitas statis dan dinamis, dibandingkan dengan mereka yang hanya meningkatkan tingkat kedua jenis dari aktivitas tersebut.

Para peneliti itu mengukur berbagai faktor risiko kardiovaskular seperti diabetes, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan kelebihan berat badan sebagai fungsi dari aktivitas statis atau dinamis yang banyak dilaporkan (latihan kekuatan dibandingkan berjalan atau bersepeda) di antara 4.086 orang dewasa.

AYO BACA : Pola Tidur yang Buruk Dapat Merusak Kesehatan Jantung

Para tim peneliti mengumpulkan data dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional 2005-2006. Kemudian menyesuaikan data tersebut berdasarkan usia, etnis, jenis kelamin, dan kebiasaan merokok. Lalu selanjutnya dikelompokkan berdasarkan kelompok umur 21-44 tahun, dan mereka yang berusia 45 tahun ke atas.

Mereka menemukan bahwa ada sekitar 36 persen dari kelompok yang lebih muda, dan 25 persen dari kelompok yang lebih tua, mengambil bagian dalam latihan statis. Sedangkan 28 persen dari kelompok yang lebih muda, dan 21 persen dari kelompok yang lebih tua melakukan latihan yang dinamis.

Mereka mengambil bagian dalam kedua jenis kegiatan itu terkait dengan 30-70 persen tingkat risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah, dan “hubungan yang paling kuat untuk aktivitas statis di masa muda.” Yang kemudian dapat disimpulkan bahwa profesional kesehatan harus memberi tahu pasien yang lebih tua bahwa akan bermanfaat untuk berolahraga di gym dibandingkan melakukan olahraga berjalan atau bersepeda.

Manfaat latihan kekuatan bagi tubuh Anda

AYO BACA : Waspada! Hipertensi Bisa Sebabkan Penyakit Lain

Latihan kekuatan (atau perlawanan) ini hanya melibatkan otot dengan melawannya dengan sesuatu yang lebih kuat dari biasanya, seperti mengangkat beban, atau bahkan push-up dan sebagainya. Semakin Anda meningkatkan berat atau ketahanan otot maka Anda akan menjadi lebih kuat. Bahkan Anda akan mendapat manfaat dari peningkatan massa otot, tulang yang lebih kuat, dan tonus otot yang lebih baik. Latihan ini sebaiknya tidak hanya difokuskan dalam satu bagian tubuh saja, namun lebih baik semua anggota tubuh bergerak agar tetap seimbang.

Setidaknya dengan mengulang selama 8-12 kali gerakan yang sama akan lebih efektif, meskipun untuk hasil yang lebih baik, lakukan untuk 3 set 8-12.

Cara melakukan latihan dasar kekuatan bagi tubuh

1. Lakukan pemanasan dan pendinginan sejitary 5-10 menit.
2. Fokus pada bagaimana mempertahankannya lakukanlah dengan sesuatu yang ringan dalam mengangkat beban  lalu bertahap ke yang lebih berat lagi.
3. Lakukanlah secara rutin dengan perlahan dan terkontrol, sehingga tidak membuat otot-otot Anda kaget.
4. Atur pernafasan Anda saat sedang berolahraga. Buang napas perlahan saat Anda berusaha mengangkat, menarik, atau mendorong, kemudian secara perlahan tarik napas saat melepaskannya.
5. Jika itu terlihat mudah, maka cobalah untuk menaikkan berat badan Anda.
6. Berikan waktu pada otot Anda untuk beristirahat sejenak. Setidaknya 48 jam adalah waktu pemulihan yang baik.

Latihan kekuatan juga bisa dirasa menyenangkan, dan cara yang bagus untuk mengisi waktu luang diantara kesibukan Anda. Dengan manfaat kesehatan yang luar biasa itu adalah sesuatu yang harus kita semua lakukan, walaupun hanya sebentar saja! (Nadia Syailana/Magang)

AYO BACA : Penyakit Jantung Gerus Alokasi Biaya JKN Rp2,8 Triliun hingga Maret 2019

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar