Yamaha Lexi

Lupakan Hasil Positif, Persib Siap Hadapi Tekanan di Stadion GBT

  Rabu, 03 Juli 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. (Eneng Reni Nuraisyah Jamil/ayobandung.com)

ARCAMANIK, AYOBANDUNG.COM -- Persib Bandung punya catatan positif saat bersua Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Pasalnya di musim lalu, skuat Maung Bandung sukses membungkam Bajul Ijo dengan dua gol melalui sontekan Supardi Nasir dan Ghozali Siregar. 

Dalam agenda terdekatnya, kedua kesebelasan bakal bertemu pada pertandingan pekan ke-7 Liga 1 2019, Jumat (5/7/2019). Namun untuk pertemuan kali ini, pelatih Bandung, Robert Alberts enggan menganggap tren positif musim lalu sebagai hal penting. Menurutnya, catatan manis itu hanyalah cerita di masa lalu dan tak berpengaruh apapun untuk laga mendatang.

AYO BACA : Robert Alberts Enggan Pikirkan Lawan, Fokus Bangkitkan Kegarangan Persib

"Seperti yang saya katakan, saya tidak pernah melihat ke belakang dan kalaupun melihat ke belakang itu untuk masa depan. Jadi itu tidak penting bagi saya," ungkap Robert usai memimpin sesi latihan di Stadion Arcamanik, Rabu (3/7/2019).

Di sisi lain, pendukung setia Persebaya Surabaya, bonek, dipastikan bakal memenuhi Stadion GBT. Diperkirakan bonek bakal 'meneror habis-habisan' Maung Bandung dalam duel perdana kedua tim di musim kompetisi ini.

AYO BACA : Jelang Tandang ke Markas Bajul Ijo, Persib Perbaiki Kelemahan

Meski begitu, Robert tak menganggap hal itu sebagai beban. Dia hanya menilai tekanan suporter di kandang lawan merupakan hal lumrah dan menjadi bagian dari pertandingan.

"Itu bagian dari pertandingan. Maksudnya, karena tekanan itu datangnya dari diri sendiri. Tekanan dari luar itu hanya bagian dari pertandingan. Jadi itu tidak menjadi beban," lanjutnya.

Justru menurut Robert, dengan banyaknya penonton di stadion akan tercipta atmosfer yang luar biasa. Hal itu pulalah yang menjadi nilai lebih sepak bola Indonesia. Hanya saja, pelatih 64 tahun itu berharap pada laga nanti bisa berjalan lancar, aman, dan damai. Kedua suporter, Bonek maupun Bobotoh pun, kata dia, bisa bersikap Lupakan Hasil Positif, Persib Siap Hadapi Tekanan di Stadion GBT dan fairplay.

"Justru bagus karena akan membangun atmosfer yang bagus dan di Indonesia atmosfernya selalu bagus. Tapi yang saya soroti adalah perilaku dari suporter. Bagi saya (tekanan suporter lawan) bagian dari pertandingan selama masih fairplay," ujarnya.

AYO BACA : Pelatih Persib Ingin Kultur Pertemanan Khusus Suporter Diubah

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar