Yamaha Aerox

Pelatih Persib Ingin Kultur Pertemanan Khusus Suporter Diubah

  Rabu, 03 Juli 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. (Eneng Reni Nuraisyah Jamil/ayobandung.com)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Sudah tak asing bila suporter Persib dan Persebaya dikenal memiliki kedekatan emosional antarsuporternya. Bobotoh dan Bonek ini bahkan disebut suporter satu hati, lantaran dua basis pendukung terbesar klub sepak bola di Indonesia ini kerap saling mendukung satu sama lain dalam setiap pertemuan kedua tim.

Bobotoh akan datang ke kandang Persebaya saat kedua tim bertanding, begitu pun sebaliknya. Terlebih dalam agenda terdekatnya, kedua kesebelasan bakal bersua dalam kompetisi lanjutan pekan ke-7 Liga 1 2019, Jumat (5/7/2019) mendatang.

AYO BACA : Hadapi Situasi Sulit, Robert Alberts Motivasi Skuat Maung Bandung

Mengomentari kedekatan dua basis suporter ini, pelatih Persib Bandung, Robert Alberts menyambut positif jika kedua suporter saling mendukung satu sama lain. Hanya, pelatih asal Belanda itu menyebut budaya pertemanan khusus antarsuporter di Indonesia itu harus diubah. 

Sejatinya, kata Robert, setiap suporter harus memiliki hubungan baik dengan seluruh kelompok suporter lainnya, tanpa kecuali. Pelatih 64 tahun itu pun cenderung tidak ingin ada pengkhususan dalam memilih pertemanan antarkelompok suporter, begitu juga untuk bobotoh dan bonek. 

AYO BACA : Jelang Kontra Persebaya, Persib Bakal Belajar dari Kesalahan

"Saya pikir kita harus mulai mengubah kultur, bahkan sejak jauh-jauh hari. Suporter seharusnya menjadi teman dengan sesama suporter tim di manapun, di negeri ini," ungkap Robert.

Alhasil bagi Robert, tidak begitu penting jika satu suporter berteman dengan beberapa suporter tim lain. Ia justru senang bila setiap suporter mendukung tim kebanggaan dan tetap menghormati tim dan suporter lainnya tanpa ada permusuhan.

"Jika kamu mendukung klubmu, maka kamu juga harus respect pada setiap klub manapun. Jadi buat saya, tidak penting jika suporter satu klub tertentu berteman dengan suporter salah satu klub lain," jelasnya.

"Buat saya, para suporter harus saling mendukung dan berteman dengan seluruh suporter yang ada, di manapun di negeri ini. Karena kita satu negara, kita adalah Indonesia, kita harus saling mendukung satu sama lain," ujarnya.

AYO BACA : Robert Alberts Enggan Ambil Risiko Turunkan Jupe di Laga Kontra Persebaya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar