Yamaha

8 Manfaat Spirulina yang Luar Biasa

  Rabu, 03 Juli 2019   Andres Fatubun
Tanaman Sprinula.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Spirulina atau mikro-ganggang biru-hijau, adalah makanan super yang banyak dibicarakan akhir-akhir ini, karena manfaat kesehatannya yang membantu memulihkan dan merevitalisasi kesehatan secara keseluruhan. Spirulina biasanya tumbuh secara alami di danau asin dan di lautan di iklim subtropis. Spirulina tumbuh di seluruh dunia, dan paling banyak tumbuh di Meksiko, Afrika dan Hawaii.

Makanan super ini disajikan dalam minuman, minuman berenergi dan suplemen. Berikut adalah manfaat Spirulina untuk Kesehatan

1. Mencegah kanker
Sifat antioksidan dan antiinflamasi yang kuat dari spirulina dapat membantu mencegah kanker dan penyakit lainnya dengan melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif. Komponen utama phycocyanin, antioksidan yang ditemukan dalam spirulina, dapat melawan radikal bebas dan menghentikan produksi molekul pemberi sinyal inflamasi.

2. Meningkatkan kesehatan jantung
Spirulina telah terbukti mencegah aterosklerosis dan menurunkan kadar kolesterol. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Jurnal Ilmu Pangan dan Pertanian menunjukkan bahwa, orang dengan kolesterol tinggi yang mengonsumsi 1 g spirulina per hari mengalami penurunan kadar trigliserida sebesar 16,3% dan kadar kolesterol jahat sebesar 10,1%.

3. Menurunkan peradangan sinus
Menurut sebuah penelitian, spirulina menurunkan peradangan sinus. Spirulina telah terbukti efektif dalam mengurangi hidung tersumbat, bersin, keluarnya cairan dari hidung, dan gatal-gatal.

4. Membantu menurunkan berat badan
Spirulina adalah makanan bergizi tinggi, rendah kalori yang membantu dalam mengelola berat badan. Sebuah studi ilmiah menunjukkan bahwa spirulina membantu dalam menurunkan berat badan. Dalam penelitian ini, orang yang kelebihan berat badan dan makan spirulina selama 3 bulan menunjukkan penurunan berat badan yang signifikan.

5. Mengelola diabetes
Sebuah studi tahun 2018 menunjukkan bahwa suplemen spirulina secara signifikan dapat menurunkan kadar glukosa darah pada diabetes tipe 1 dan tipe 2.

6. Meningkatkan energi
Mengkonsumsi spirulina dapat membantu dalam meningkatkan metabolism, sehingga membuat energik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi 6 g spirulina per hari mengalami efek metabolik positif. Alga juga bermanfaat dalam meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot.

7. Mengurangi tingkat depresi dan kecemasan
Spirulina dapat membantu mengobati gangguan suasana hati dan kondisi kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan karena memiliki kandungan triptofan, asam amino yang mendukung produksi serotonin. Serotonin memainkan peran utama dalam kesehatan mental.

8. Menghilangkan racun
Sebuah studi review yang diterbitkan dalam Biologi Farmasi menemukan bahwa spirulina memiliki sifat anti-racun yang dapat menangkal polutan dalam tubuh seperti timah, besi, arsenik, fluorida, dan merkuri. (Yuliana Nadiah Hamdan)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar