Yamaha Aerox

Dorong UMKM, DJP Jawa Barat I Gelar Business Development Service

  Selasa, 02 Juli 2019   Faqih Rohman Syafei
Kepala Kanwil DJP Jawa Barat I, Neilmaldrin Noor saat Gebyar UMKM Sahabat Pajak. (istimewa)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Mengusung tema Gebyar UMKM Sahabat Pajak, Kanwil DJP Jawa Barat I menggelar Business Development Service (BDS) 2019 bertempat di Auditorium Gedung Keuangan Negara (GKN) Bandung, Selasa (2/7/2019).

Selain itu, pada acara ini dilaksanakan juga penandatangan kerja sama MoU Kanwil DJP Jawa Barat I dengan Komunitas UMKM Sahabat Pajak. Melalui kerja sama ini, DJP Jawa Barat berkomitmen mendorong pengembangan UMKM.

AYO BACA : SpecTaxcular 2019, Ajak Warga Lapor SPT

Kepala Kanwil DJP Jawa Barat I, Neilmaldrin Noor mengatakan acara seminar ini merupakan program rutin yang dilaksanakan sejak 2015 lalu. Dalam rangka membina dan mendorong pengembangan UMKM.

"Melalui ini, kami mendorong dan membina secara berkesinambungan sehingga meningkatkan kesadaran, keterikatan, dan kepatuhan terhadap pajak," ujarnya.

AYO BACA : Kanwil DJP Jabar I Gelar Sertijab Pejabat Eselon III

Disebutkannya, jumlah pelaku UMKM mencapai 60 juta dengan berkontribusi sebanyak 60% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Namun hanya sekitar 1,5 juta yang tercatat sebagai pembayar pajak dengan kontribusi 2,2% dari total penerimaan pajak penghasilan yang dibayarkan.

"Karena itulah diperlukan pembinaan yang tepat untuk pelaku UMKM agar bisa melakukan manajemen usaha yang baik,  sehingga bisnisnya dapat terus berkembang dan menjadi besar," katanya.

Menurutnya, di Era Revolusi Industri 4.0 para pelaku UMKM harus ramah terhadap penggunaan teknologi terkini. Sehingga, mereka dapat bertransformasi dari konvensional menuju sistem digital, dengan begitu mampu meningkatkan daya saing.

"Dari segi pemasaran dengan mengadopsi teknologi jangkauan pasar yang jauh lebih luas. Dari sisi operasional, adopsi teknologi digital akan memberikan efektivitas dan efisiensi yang besar," terangnya.

Neil menambahkan melalui acara ini menjadi langkah awal antara Kanwil DJP Jawa Barat I dengan para UMKM Sahabat Pajak untuk bersinergi dan menjalin kerja sama yang berkesinambungan. " Dengan semangat memberikan kontribusi terbaik untuk negeri Indonesia sekaligus meningkatkan kesadaran pajak UMKM," pungkasnya.

AYO BACA : Ramadan 2019, Kanwil DJP Jawa Barat I Genjot Kegiatan Sosial

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar