Yamaha

Museum Gedung Sate, Sejarah yang Ditampilkan dengan Teknologi Canggih

  Selasa, 02 Juli 2019   Andres Fatubun
Lansekap Kota Bandung di Museum Gedung Sate. (Rayi NurSyafira)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Gedung Sate tidak cuma bisa dinikmati dari luar saja, tapi juga bisa dari bagian dalamnya termasuk asal-usulnya. Pengalaman tersebut bisa didapatkan di Museum Gedung Sate.

Museum yang sudah berusia dua tahun tersebut didirikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk masyarakat yang ingin mengetahui sejarahnya.

Tak seperti museum biasanya yang berkesan kolot, Museum Gedung Sate ini dilengkapi inovasi teknologi di dalamnya.

Lokasinya musieum ini masih menyatu dengan gedung utama. Namun berada di bagian belakangnya. Untuk masuk Gedung Sate, pengunjung harus melalui jalan belakang karena pintu utama di bagian depan praktis selalu tertutup. Sebelum masuk, Anda perlu menukar uang masuk sebesar Rp5.000 dengan gelang pengunjung.

AYO BACA : Belajar Media Komunikasi Masa Lalu di Museum Pos Indonesia

Saat masuk ke museum, pengunjung disuguhi perkembangan Kota Bandung sejak tahun 1890. Mulai dari foto-foto bangunan dari zaman dulu, penjelasan sejarah setiap tempat, hingga audio visual yang menjelaskan setiap peristiwa. Masuk ke dalam lagi, Anda akan menemukan informasi mengenai geografis Kota Bandung dan sekitarnya. 

Hal unik pada museum ini adalah terdapat bioskop mini yang memutar sejarah panjang Gedung Sate dalam film berdurasi 10 menitan.

Di samping bioskop mini terdapat ruangan augmented reality. Dalam layar yang tersedia di ruangan tersebut Anda seolah-olah berada pada zaman dulu. Lalu juga terdapat virtual reality yang seolah-olah pengunjung naik balon udara sambil menyaksikan Gedung Sate dari ketinggian. Semua display yang ada di museum ini berformat digital.

Museum Gedung Sate ini memang memiliki lahan yang tidak terlalu luas, tetapi dengan tata letak yang menarik ditambah dengan inovasi teknologi, membuat pengunjung tidak merasa bosan jika berlama-lama di dalam. 

Bagi Anda yang belum pernah mengunjunginya dan penasaran, segeralah luangkan waktu Anda. Museum ini buka pukul 09.30-16.00 WIB setiap hari kecuali hari Senin.(Rayi NurSyafira)

AYO BACA : Serunya Berburu Foto di Museum Geologi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar