Yamaha Lexi

Kemenkes Ajak Calon Jemaah Haji Siapkan Fisik Sedini Mungkin

  Selasa, 02 Juli 2019   M. Naufal Hafizh
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Rahmad/ama)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM—Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI dr Eka Yusuf Singka mengajak calon haji Indonesia mempersiapkan sedini mungkin kondisi fisik sebelum berangkat haji ke Makkah dan Madinah.

"Perlu pengendalian faktor risiko," katanya usai temu media Kesiapan Kemenkes Jelang Musim Haji Tahun 2019 di Jakarta, Selasa (2/7/2019).

AYO BACA : Duh, Antre Berangkat Haji Harus Tunggu 13 Tahun

Dia menambahkan, jemaah harus dapat menyesuaikan diri dengan kondisi alam di Arab Saudi jika sudah berada di Tanah Suci.

Kondisi alam Saudi, sebut dia, sangat berbeda dengan di Indonesia yaitu lebih terik, udara kering, dan cuaca panas. Bagi jemaah yang tidak mempersiapkan diri dapat mengalami gangguan kesehatan serius jika tidak diantisipasi.

AYO BACA : Jemaah Haji Jawa Barat Jadi yang Terbanyak se-Indonesia

Beberapa hal bisa dilakukan jemaah dengan mempersiapkan kebugarannya sejak dari Tanah Air dengan pola hidup yang sehat, lanjut dia.

Panduan penting jemaah, menurutnya, berupa pengendalian faktor risiko bahwa manusia tidak bisa merubah alam tapi calhaj yang harus menyesuaikan diri.

Penyesuaian diri, kata dia bisa dengan menerapkan pola makan memperbanyak cairan, istirahat cukup, menggunakan alat pengaman diri (APD) dan hal terkait lainnya.

"Kalau di sana panas pakai payung, lapar makan dan sebagainya," tambah dia.

AYO BACA : Wali Kota Bandung Titip Doa Ini kepada Calon Jemaah Haji

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar