Yamaha NMax

Begini Pola Hidup Sehat ala Mahasiswa

  Selasa, 02 Juli 2019   Dadi Haryadi
(Pixabay.com)

Mahasiswa adalah sebutan bagi orang yang sedang menempuh pendidikan tinggi disebuah perguruan tinggi yang terdiri atas sekolah tinggi, akademi, dan yang paling umum adalah universitas. Oleh karena itu, mahasiswa dipandang bukan lagi sebagai anak kecil ataupun remaja, tapi mahasiswa sudah dipandang sebagai orang dewasa yang sudah memiliki pemikiran yang matang yang dapat membawa dirinya menuju arah yang lebih baik. Segala sesuatu yang dilakukan oleh mahasiswa akan dinilai seberapa jauh kualitas sebagai seorang mahasiswa yang akan terjun langsung ke lapangan. Mahasiswa dituntut untuk selalu memiliki akademik yang tinggi, melainkan juga harus memiliki kesehatan yang prima sebagai penunjang karir kedepannya. Jadi, akan lebih baik kita mempersiapkan secara matang dengan membiasakan gaya hidup sehat untuk menunjang karir kita.

Gaya hidup sehat adalah membiasakan segala sesuatu yang membuat tubuh kita jauh dari penyakit yang membuat tubuh kita sakit dan menurunkan kesehatan kita. Mahasiswa dapat menerapkan gaya hidup sehat dengan sederhana yaitu dengan cara : yang pertama adalah dengan mengatur pola makan kita dengan gizi yang seimbang. Mahasiswa pada umumnya selalu memiliki pola makan yang tidak teratur akibat banyak kegiatan dan kesibukan yang lainnya. Tidak hanya itu, mahasiswa juga sebagian besar tidak pernah sarapan datang kekampus. Dari sini dapat kita lihat, hal sesederhana itu dapat menunjang konsentrasi yang berpengaruh pada perkembangan bidang akademisnya. Hal ini dibuktikan dari Riset para ahli dari University Wales bahwa sebanyak 22 persen lebih tinggi perkembangan akademiknya dibandingkan yang tidak sarapan.

AYO BACA : Gaya Hidup Sehat, Sekadar Tren atau Kebutuhan?

Kemudian, kritislah dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Biasanya mahasiswa dalam mengonsumsi makanan lebih menyukai makanan yang cepat saji. Hal ini dikarenakan efisiensi waktu dan juga mudah untuk dilakukan. Padahal tubuh kita membutuhkan asupan yang tidak sedikit agar gizi kita terpenuhi. Hal ini juga dapat dilihat dari bersih tidaknya dalam pengolahan makanan. Makanan yang diolah dengan cara yang tidak bersih dapat membuat kita mengalami gangguan pencernaan, seperti diare. Maka dari itu, lebih jeli dalam memilih makanan dan makanan yang sesuai dengan porsi gizi tubuh. Ataupun jika ingin lebih terjamin mutu gizi dan kesehatannya memasak makanan yang akan dikonsumsi sendiri.

Selanjutnya menjaga kesehatan dengan berolahraga. Mahasiswa pada umumnya sangat jarang sekali berolahraga. Hal ini dikarenakan kesibukan yang tanpa henti kemudian setelah sibuk usai timbullah kelelahan dan ditutup dengan tidur. Maka mahasiswa dapat dikatakan sangat jarang berolahraga. Padahal olahraga itu dapat membuat tubuh menjadi fit dan bersemangat serta menjauhkan diri kita dari segala macam penyakit karena dapat menjaga daya tahan tubuh. Bagi mahasiswa yang tidak memiliki waktu untuk berolahraga, dapat berolahraga sederhana seperti menaiki dan menuruni tangga dikampus dan jalan kaki kurang lebih 2 sampai 3 kilometer setiap hari. Itu juga sudah dapat membangkitkan daya tahan tubuh.

AYO BACA : Ubah Pola Pikir untuk Hidup Sehat

Yang terakhir adalah menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang terkadang dianggap sepele. Misalnya, makan atau ngemil sambil tiduran, minum sambil berdiri dan terkhusus lagi bagi laki-laki yaitu merokok. Makan atau mengemil sambil tiduran dapat mengakibatkan asam lambung menjadi naik dan dapat membuat perut menjadi begah, minum sambil berdiri dapat mengakibatkan kenaikan asam lambung dan melukai dinding lambung, menganggu proses penyaringan yang dilakukan ginjal kurang optimal dan berpotensi terjadinya gangguan saluran kandung kemih dan dapat berisiko terkena artritis akibat terganggunya keseimbangan cairan dalam tubuh yang tersalurkan hingga bagian sendi.

Kebiasaan-kebiasaan diatas meski terlihat sepele tapi dapat mengakibatkan penyakit yang serius. Maka sebagai mahasiswa yang berprestasi hendaklah menyayangi diri sendiri sebagai penunjang karir di masa depan dan memiliki akademik yang baik dengan menerapkan hidup sehat. Jadi, mulai sekarang biasakan gaya hidup sehad dan jadilah mahasiswa yang berprestasi dan memiliki karir yang baik.

Aulia Ilhamsyah
Mahasiswa Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan IPB 2017

AYO BACA : Mahasiswa Banyak Abaikan Pola Hidup Sehat

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar