Yamaha NMax

Cara Mengurangi Rasa Gatal Pada Kulit

  Senin, 01 Juli 2019   Rizma Riyandi
Ilustrasi gatal (pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Kulit adalah bagian terluar tubuh yang seringkali mengalami penyakit gatal. Banyak sekali jenis penyakit gatal diantaranya adalah Psoriasis. "Psoriasis" berasal dari bahasa Yunani artinya penyakit gatal yang kronis.

Dokter menyatakan gejala penyakit ini berawal dari rasa gatal yang ringan. 70-90% pasien pengidap penyakit psoriasis menderita gatal yang terasa membakar dan menyebabkan kulit bersisik dan pecah-pecah.

Penyakit tersebut sangat mengganggu dan mengakibatkan sulit tidur, konsentrasi berkurang, bahkan gangguan sexual. Berikut cara untuk mengatasi gatal psoriasis:

1. Menjaga kelembaban kulit

Pakailah krim atau salep yang dapat melembabkan kulit setiap pagi dan malam agar tidak bersisik dan pecah-pecah. Atau cara ini bisa dilakukan kapan saja jika kulit terasa kering.

Carilah produk pelembab yang mengandung gliserin, lanolin, dan petrolatum. Bahan-bahan tersebut dapat menjaga kelembaban kulit secara efektif. Simpan krim atau salep pelembab dalam lemari es agar menambah sensasi dingin saat digunakan.

Gunakan deterjen atau lotion yang tidak mengandung wewangian agar tidak terjadi iritasi pada kulit. Tetapi tetap waspada karena deterjen atau lotion yang berlebel tidak mengandung wewangian masih terdapat bahan kimia didalamnya. 

2. Menghilangkan kulit bersisik dan pecah-pecah

Kulit bersisik dan pecah-pecah akan mudah terkena penyakit gatal. Beli lah krim atau salep yang mengandung salicylic acid, lactic acid, phenol, atau urea. Mandi dengan air garam laut atau garam epsom juga dapat menghilangkan kulit bersisik dan pecah-pecah. Caranya, rendam garam selama 15 menit sebelum mandi.

3. Mandi hangat atau dingin

Mandi dengan air dingin dalam waktu singkat membantu meredakan gatal. Sebaiknya oleskan krim atau salep pelembab setelah mandi. atau mandi air hangat dan mengoleskan pelembab dari lemari es dapat menjadi cara lain. 

4. Hindari stres

Stress adalah salah satu penyebab gatal menjadi lebih parah. Lakukan meditasi selama 15 menit dapat menghilangkan stres.

5. Obat apotik

mengonsumsi obat yang biasa didapat di apotik dan toko obat atau membeli losion kalamina. 

6. konsultasi ke dokter

Kunjungi dokter untuk mengkonsultasikan penyakit gatal, dengan begitu Dokter akan memberikan resep obat yang tepat. 

7. Pindah iklim

Mungkin hal ini sulit dilakukan sebagian orang. Berpindah iklim dapat dikatakan pindah daerah. Iklim kering dan panas dapat memperparah rasa gatal. Sehingga lebih baik orang yang sedang mengidap psoriasis tinggal di daerah dengan iklim sejuk atau dingin. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar