Yamaha Lexi

Berkarya Melukis Cahaya ala Komunitas BULB Bandung

  Minggu, 30 Juni 2019   Rizma Riyandi
Salah satu karya 60+ Earth Hour yang menjadi karya terbaik sedunia oleh Komunitas Bulb Bandung. (dok : bulb_bandung)
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Bagi kamu penyuka fotografi, sudah pernah mencoba memotret dengan teknik light painting ? memotret dengan teknik light painting merupakan salah satu teknik kreatifitas dengan mengatur shutter spead pada kamera. Umumya teknik fotografi light painting dilakukan saat malam hari dengan mengarahkan pada sumber cahaya, dengan memanfaatkan lampu senter pada beberapa titik obyek foto. 
 
Bandung yang terkenal dengan kota kreatifitas, termyata memiliki komunitas yang sangat unik yakni berkarya dengan cahaya. Komunitas tersebut adalah BULB (Barudak Urban Light Bandung), komunitas ini bergerak dalam bidang fotografi dengan menggunakan teknik light painting. 
 
Maulana Abdilah, Event Managing menuturkan, komunitas yang berdiri sejak 6 November 2010 ini memiliki tujuan mengenalkan teknik fotografi baru kepada masyarakat. When LIGHT becomes a brush, AIR becomes canvas, and CAMERA as a media menjadi tagline dari komunitas BULB ini.
 
"Komunitas ini didirikan oleh Haikal Elrasyid, Hendy Haloho, Anka Lasase dan Bobby Hartanto. Berawal terinspirasi dari perkembangan light paining di dunia, maka didirikanlah komunitas yang terbentuk dari gabungan beberapa anak muda yang senang fotografi," ujar Maulana. 
 
Komunitas Bulb ini sering melakukan hunting rutin setiap dua minggu sekali dan sesekali mengadakan pameran foto. Biasanya tempat kumpul sering dilakukan di area publik Kota Bandung seperti taman-taman kota, alun-alun dan pusat keramaian. Kini Bulb beranggotakan 20 orang dengan rata-rata usia 20 tahun. 
 
Tidak ada batasan bagi siapapun yang ingin bergabung dengan komunitas ini. Asalkan kriteria yang diharuskan yakni memiliki minat dengan teknik light painting. Karyanya yang sangat unik, tak heran jika komunitas ini memiliki berbagai prestasi salah satunya karya 60+ Earth Hour yang menjadi karya terbaik sedunia dan pernah mewakili Indonesia untuk melaksanakan pameran fotografi di Kuala Lumpur.
 
Komunitas BULB tentunya memiliki rencana untuk mengembangkan terus teknik light painting di Indonesia serta menjadi wadah bagi siapapun yang ingin mempelajarinya. Bagi kamu yang penasaran dengan karya komunitas unik ini bisa dilihat melalui akun Instagram mereka @bulb_bandung. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar