Yamaha Aerox

Meningkatkan Kreatifitas Menjahit Bersama Komunitas Tailor Indonesia

  Minggu, 30 Juni 2019   Rizma Riyandi
Komunitas Tailor Indonesia

COBLONG, AYOBANDUNG.COM--Menjahit merupakan kegiatan menyambung kain, kulit binatang, bulu dan bahan-bahan yang dapat dilalui dengan menggunakan jahit tangan atau mesin. Menjahit umumnya memang sering dilakukan seorang perempuan, tak ayal jika di Indonesia banyak penjahit atau yang membuka usaha menjahit. Tapi tahu kah kamu ternyata di Indonesia terdapat komunitas Tailor ?

Komunitas Tailor Indonesia bermula dari sebuah perkumpulan online melalui akun media sosial facebook. Keberadaan grup seperti ini memang sangat mendatangkan manfaat, selain berbagi ilmu juga sebagai wadah hobi menjahit. Namun, tidak sedikit yang bergabung  memiliki latar belakang bukan seorang penjahit. Hanya sekedar penasaran atau hanya ingin mengatahui trend menjahit masa kini. 

Noeng Eka Putra, Ketua Taylor Indonesia Wilayah Bandung, menuturkan terfokus dengan dunia jahit dan taylor di Bandung. Komunitas tersebut mampu memberikan nilai lebih atau manfaat kepada lingkungan sekitar terkhusus untuk ibu rumah tangga.

"Hadirnya komunitas menjahit selain mampu meningkatkan skill menjahit dan mendesain, juga mampu meningkatkan taraf hidup keluarga serta dapat meningkatkan kepercayaan diri," ujar Noeng saat ditemui ayobandung.com.

Komunitas yang berdiri pada tahun 2016 ini memiliki 112 anggota aktif yang tersebar diseluruh Indonesia. Agar memudahkan koordinasi, maka setiap daerah dibagi beberapa wilayah. Salah satunya, Bandung terbagi menjadi Bandung Barat, Bandung Timur, Bandung Tengah dan Bandung Selatan. Adapun tempat berkumpul dilakukan di Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Balai Industri Kota Bandung.   

Lebih lanjut, selain fokus terhadap menjahit. Komunitas ini juga mengadakan beberapa pelatihan, seperti pelatihan membuat craft dan pelatihan ecoprint. Berbagai produk sudah mampu dihasilkan oleh komunitas tailor yakni mukena, baju, craft hingga seprai. 

Diakhir perbincangan, Noeng menjelaskan, Komunitas Tailor Indonesia wilayah Bandung pernah juga menjadi juara 3 dalam kompetisi desain. Selain itu, undangan-undangan dan pelatihan juga sering dihadiri oleh komunitas tailor Bandung ini. "Berbicara soal rencana, kedepannya komunitas ini akan mengadakan program baju pengantin muslim," pungkasnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar