Yamaha Lexi

Kontak Batin Anjing dan Majikan

  Jumat, 28 Juni 2019   Rizma Riyandi
Anjing

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Anjing adalah hewan yang perasa. Jika mereka terlihat depresi maka kemungkinan yang menyebabkan anjing tersebut depresi adalah majikannya yag sedang depresi juga. 
\n
\nSebuah studi yang diterbitkan dalam Nature's Report menunjukan anjing peliharaan mempunyai kontak batin dengan pemiliknya. 
\n
\nLebih dari sekedar hubungan hewan peliharaan dengan pemiliknya, tampaknya anjing juga dapat mencerminkan keadaan mental pemiliknya bahkan dapat berdampak buruk pada kesehatan anjing tersebut.
\n
\nSeorang peneliti Swedia membuktikan penelitian ini melalui rambut anjing dan pemiliknya. Penelitian ini melibatkan 58 anjing (33 anjing shetland sheepdogs dan 25 anjing border collies) dengan keseimbangan jenis kelamin, dan tingkat aktivitasnya.
\n
\nKepribadian anjing dan pemiliknya diketahui melalui kuesioner. Penelitian ini dilakukan selama setahun. Selain kuesioner, peneliti juga mengukur hormon kortisol yang ada pada rambut anjing dan pemiliknya selama satu tahun. 
\n
\nKortisol adalah ukuran stres fisiologis yang dapat meningkat ketika mengalami tekanan. Kortisol dapat juga meningkat saat sedang olahraga dan sakit. 
\n
\nMengukur kortisol pada rambut adalah cara yang efektif dalam penelitian ini karena rambut mengalami pertumbuhan setidaknya 1cm setiap bulan dan dapat menyerap zat yang bersirkulasi dari darah. 
\n
\nHasil penelitian ini menunjukkan 57 anjing memiliki kortisol yang sama dengan pemiliknya pada musim panas dan 55 anjing pada musim dingin. Pernyataan ini menunjukkan bahwa pertumbuhan kortisol anjing dan pemiliknya mempunyai kesamaan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar