Yamaha Lexi

10 Obat Alami untuk Mengobati Penyakit Kuning

  Selasa, 25 Juni 2019   Andres Fatubun
Ilustrasi pengidap penyakit kuning.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Organ Hati adalah organ tubuh yang penting. Ia bekerja dengan mengeluarkan racun dan membantu tubuh dalam memproses nutrisi dari makanan dan mengubahnya menjadi energi. 

Hati mengeluarkan pigmen oranye-kuning yang dikenal sebagai bilirubin yang tersisa dalam darah. Ketika hati meradang, menjadi sulit bagi hati untuk mengelola produksi bilirubin dan dengan demikian kelebihannya dapat bocor ke jaringan sekitarnya yang mengarah ke penyakit kuning.

Gejala penyakit kuning yaitu air seni yang gelap, kulit dan mata berwarna kuning, pendarahan, demam, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, pembengkakan, penurunan berat badan, hingga demam. Berikut adalah 10 obat alami untuk mengobati penyakit kuning.

1. Jus tebu
Jus tebu memiliki antioksidan penting dan nutrisi penting yang dianggap membantu dalam mengobati penyakit kuning. Minum jus tebu akan membantu memulihkan fungsi hati Anda dan dapat menjaga kadar bilirubin. Minumlah 1-2 gelas jus tebu setiap hari.

2. Bawang putih
Kandungan antioksidan yang tinggi dalam bawang putih membantu dalam detoksifikasi hati, yang selanjutnya membantu mempercepat proses pemulihan dari penyakit kuning. Tambahkan 3-4 siung bawang putih cincang ke dalam makanan harian Anda.

3. Jus jeruk
Jus jeruk membantu dalam fungsi hati dan menurunkan kadar bilirubin. Minumlah segelas jus jeruk atau jus jeruk setiap hari.

4. Minyak esensial rosemary
Minyak esensial rosemary memiliki sifat antioksidan dan efek hepatoprotektif pada hati. Campurkan 12 tetes minyak esensial rosemary dengan 30 ml minyak kelapa dan oleskan campuran ini pada perut Anda di dekat daerah hati. Pijat dengan lembut dan biarkan.

5. Sinar matahari
Menurut sebuah penelitian, sinar matahari hampir 6,5 kali lebih efektif dalam mengobati penyakit kuning neonatal, karena membantu dalam isomerisasi molekul bilirubin.

6. Vitamin D
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Chinese Medical Association, bayi dengan penyakit kuning memiliki kadar vitamin D rendah. Jadi, perlu memasukkan makanan yang kaya vitamin D ke dalam makanan untuk mencegah dan mengobati penyakit kuning. Makanan kaya vitamin D adalah telur, ikan, keju, susu, jamur, dll.

7. Air jelai
Barley memiliki sifat obat yang sangat efektif dalam mengobati penyakit kuning, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Diagnostic Research. Tambahkan 1 sendok teh bubuk biji barley panggang ke dalam segelas air. Minum ramuan ini setiap hari.

8. Kemangi
Sifat anti-inflamasi dan hepatoprotektif dari kemangi dapat membantu dalam mengobati penyakit kuning. Baik mengunyah daun kemangi atau minum teh kemangi setiap hari.

9. Tanaman Malaka
Berbagai bagian tanaman malaka digunakan untuk tujuan pengobatan. Buah malaka telah digunakan dalam Ayurveda untuk pengobatan penyakit kuning, diare, dan peradangan. Rebus 2 -3 malaka dalam panci air. Campur ampas malaka bersama dengan air. Setelah dingin, tambahkan beberapa tetes madu dan minum.

10. Tomat
Tomat mengandung lycopene, senyawa yang mengandung efek antioksidan dan antigenotoksik. Menurut sebuah penelitian, tomat bisa membantu dalam pengobatan penyakit kuning. Rebus 2-3 tomat dalam panci air. Saring campuran dan singkirkan kulit tomat. Campur tomat rebus dengan air. (Yuliana Nadiah Hamdan)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar