Yamaha Mio S

BPR Kerta Raharja Targetkan 2020 Sudah Perseroda

  Senin, 24 Juni 2019   Mildan Abdalloh
Logo BPR Kerta Raharja.

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- BPR Kerta Raharja menargetkan perubahan badan hukum pada 2020 mendatang. Direktur Kepatuhan BPR Kerta Raharja, Beni Subarsah, mengatakan sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 54 dan Permendagri nomor 94, seluruh bank milik pemerintah daerah harus berbadan hukum menjadi Perseroan Daerah (Perseroda).

Saat ini badan hukum BPR Kerta Raharja masih Perseroan Terbatas (PT). "Awal 2020 harus sudah berubah menjadi Perseroda," tutur Beni, Senin (24/6/2019).

AYO BACA : Bupati Bandung Raih TOP Pembina BUMD 2019

Perubahan dari PT menjadi Perseroda, kata Beni, akan mempunyai perubahan signifikan, salah satunya adalah perubahan kepengurusan.  Pihak manajemen akan melakukan rekrutmen calon pengurus dengan cara lelang jabatan.

"Perubahan ini memang ada plus minusnya, tapi kami harus patuh pada regulasi yang dikeluarkan pemerintah pusat," ujarnya.

AYO BACA : BPR Kerta Raharja Mulai Rambah Layanan Fintech

Dirut BPR Kerta Raharja M Soleh Pios menilai perubahan badan hukum dari PT menjadi Perseroda secara substansial justru akan membuat bank yang dipimpinnya menjadi mundur. "Kami sudah PT, kalau berubah menjadi Perseroda justru menjadi mundur lagi," katanya.

Dengan berbadan hukum PT, kata Pios, BPR Kertaharja justru akan bebas berakselarasi, bahkan bukan hal yang tidak mungkin akan maju seperti bank bjb yang saat ini masih berbadan hukum PT. Ia menjelaskan, walau berbadan hukum PT, kepemilikan saham BPR Kerta Raharja masih dikuasai oleh Pemkab Bandung.

"Aturan dalam Perseroda kepemilikan saham Pemerintah daerah hanya minimal 51%. Saat ini Pemkab Bandung memiliki saham lebih dari 80%," ujarnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung, Teddy Kusdiana mengatakan, perubahan badan hukum dari PT menjadi Perseroda sudah menjadi keputusan pemerintah. "Akan kami koordinasikan dengan jajaran Direksi (BPR Kerta Raharja)," ujarnya.

AYO BACA : BPR Kerta Raharja Diminta Pacu Penyerapan Kredit

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar