Yamaha

4 Kunci Utama Untuk Menjadi Individu yang Bahagia

  Senin, 24 Juni 2019   Andres Fatubun
Ilustrasi.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Apa yang membuat seseorang bahagia?  Ini adalah pertanyaan yang sudah menjadi legenda. Seperti yang dikatakan kebanyakan orang bijak kepada Anda, kebahagiaan itu tidak ada rahasianya.  Setiap orang dapat  menemukan kebahagiaan dalam berbagai hal. Gagasan mengenai kebahagiaan bagi setiap individu juga berbeda. Jadi bagaimana kita melihat satu kemungkinan jawaban atau solusi?

Jason Wheeler, seorang psikoanalis di New York City, mengatakan bahwa "banyak hal dalam hidup ini terjadi pada kita, tetapi banyak hal lain yang harus kita lakukan, dan menjadi bahagia adalah salah satunya." Kita perlu bekerja keras untuk menjadi bahagia,  itu bukan suatu hal berupa barang pemberian. Sekarang, psikolog telah menemukan beberapa hal penting yang membuat kita menjadi individu yang lebih bahagia.  Inilah di antaranya:

1. Menjadi penuh perhatian

Ketika kita mendengar kata mindfulness, pikiran pertama kita adalah tentang meditasi dan yoga atau bagaimana kita bisa menenangkan diri.  Tetapi perhatian tidak terbatas pada lingkup meditasi.  Anda juga bisa berhati-hati saat berenang juga.  Ini karena perhatian adalah tentang menyadari momen Anda saat ini sehingga Anda memahami tubuh Anda secara fisik, mental, maupun emosional.

Jadi ketika Anda berenang, Anda menyadari bagaimana pergerakan tubuh dan pikiran Anda.  Jason Wheeler berkata, "untuk berenang dengan baik, saya harus berkonsentrasi hanya pada apa yang saya lakukan," dan "Saya ada dari stroke ke stroke, dari nafas ke nafas." Berenang adalah latihan berdampak rendah dan itu adalah cara yang sangat baik untuk bersantai dan meremajakan diri sendiri.

2. Bersyukur

Bersyukur adalah sesuatu yang harus kita praktikkan dalam kehidupan kita setiap hari.  Menurut penelitian, menyatakan terima kasih dapat bermanfaat bagi kita karena dapat mengurangi risiko depresi dan merasakan tidur yang lebih baik.

Jika Anda merasa rendah diri atau putus asa, maka Anda harus mencoba bersyukur dari hal yang kecil terlebih dahulu. Ini akan mengalihkan pikiran Anda dari hal-hal negatif yang Anda pikirkan. Mengakui dan menyatakan terima kasih itu baik untuk kesehatan mental Anda. Itu akan meningkatkan suasana hati dan Anda akan merasa sangat damai.

3. Berolahraga

Latihan bisa menjadi cara yang sangat bagus untuk menjernihkan pikiran dan perasaan Anda yang berantakan.  Untuk sebuah latihan  sedang berjalan, mungkin bagi yang lain itu bisa menjadi latihan kardio yang berat!  Berolahraga adalah cara yang baik untuk menghilangkan stres dan memikirkan ide-ide baru.

Olahraga menyebabkan peningkatan kadar adrenalin dalam tubuh yang diikuti dengan pelepasan endorfin yang meningkatkan mood.  Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa bahkan aktivitas fisik ringan daripada olahraga berat bermanfaat secara emosional bagi kita.

4. Menghubungkan dengan orang lain

Dalam sebuah studi 2015 pada pasangan pengantin baru yang diterbitkan dalam Journal of Social and Personal Relationships, peneliti menemukan bahwa istri yang menganggap suami mereka terbiasa meluapkan emosinya melaporkan kualitas pernikahan yang rendah dari waktu ke waktu.

Untuk itu, berkomunikasi dengan orang yang kita cintai adalah tugas yang sangat penting.  Jika kita ingin memiliki hubungan yang berkualitas dengan orang lain, maka kita harus berbicara dengan mereka dan terhubung dengan mereka secara emosional.  Orang-orang yang telah menikah selama bertahun-tahun mengatakan bahwa satu hal yang membuat mereka tetap bersama adalah dosis harian "kita" yang mereka habiskan.  Tidak harus kencan romantis atau semacamnya;  bisa jadi hanya menghabiskan waktu bersama di siang hari.

Terhubung dengan teman dan keluarga juga akan memberi Anda kebahagiaan. Hubungan yang bermakna memberi Anda kedamaian dan harmoni sejati dalam hidup.  Jika Anda tidak memiliki hubungan seperti itu dengan pasangan Anda, maka sudah saatnya untuk memikirkannya. (Nadia Syailana)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar