Yamaha Aerox

10 Manfaat Kismis untuk Kesehatan

  Senin, 24 Juni 2019   Andres Fatubun
Ilustrasi kismis.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Kismis adalah bentuk kering dari anggur mentah. Kismis adalah pemanis alami yang paling umum, yang tidak mengandung gula tambahan.

Salah satunya diproduksi oleh Rubicon Project Raisins dengan meletakkan anggur di atas nampan kertas cokelat di antara baris kebun anggur dan dibiarkan mengering di bawah sinar matahari sampai dipanen. Selama proses ini, oksidasi dan karamelisasi gula alami memberi warna coklat tua menjadi hitam.

Berikut adalah manfaat Kismis Untuk Kesehatan

1. Menjaga kesehatan jantung

Kismis adalah sumber antioksidan dan fitonutrien yang sangat baik yang mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan stroke. Menurut American College of Cardiology, konsumsi harian kismis menurunkan tekanan darah.

2. Mencegah kanker

Kismis kering dianggap sebagai pilihan camilan yang sangat sehat untuk pasien diabetes tipe 2. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kismis mengurangi kadar glukosa setelah makan sebesar 23% dan mengurangi tekanan darah sistolik.

3. Mengurangi risiko diabetes

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam kismis mencegah radikal bebas dari menyebabkan kerusakan sel. Radikal bebas menyebabkan pertumbuhan sel kanker, itulah sebabnya makan kismis dapat menangkal kanker.

4. Membantu pencernaan

Kismis mengandung serat makanan yang memiliki efek pencahar pada perut dan meredakan sembelit. Konsumsi kismis setiap hari membantu pergerakan usus secara teratur dan membantu pencernaan.

AYO BACA : Sarapan Sehat dengan Salad Alpukat

5. Mencegah anemia

Kismis adalah sumber zat besi yang baik, yang diperlukan untuk produksi sel darah merah dan membantu mereka membawa oksigen ke berbagai bagian tubuh. Makan kismis akan mencegah anemia defisiensi besi.

6. Mengurangi gigi berlubang

Kismis mengandung phytochemical yang telah dikaitkan dengan kesehatan mulut. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa, phytochemical dalam kismis membantu kesehatan gigi dan gusi dengan melawan bakteri di mulut Anda dan menurunkan kemungkinan mengembangkan gigi berlubang.

7. Mencegah osteoporosis

Kismis memiliki jumlah kalsium yang baik, mineral penting yang dibutuhkan untuk kesehatan, tulang dan gigi yang kuat. Wanita pasca-menopause harus mengkonsumsi lebih banyak kismis untuk mencegah perkembangan osteoporosis.

8. Lindungi kesehatan mata

Kismis mengandung polifenol, sejenis antioksidan yang melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Ini mengurangi kemungkinan gangguan mata, seperti katarak dan degenerasi makula terkait usia.

9. Cegah keasaman berlebih

Kismis mengandung sejumlah besar zat besi, tembaga, kalium, dan magnesium yang membantu menyeimbangkan tingkat keasaman di perut. Lain kali Anda memiliki tingkat keasaman, makan kismis untuk mengurangi tingkat keasaman di perut.

10. Meningkatkan kesehatan kulit

Kehadiran berbagai antioksidan dan nutrisi penting dalam kismis seperti seng, dan vitamin C membantu menjaga sel-sel kulit tetap muda dan menunda proses penuaan. Kismis mengandung resveratrol, zat yang membantu menjaga kesehatan kulit. Buah-buahan kering ini juga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Risiko Makan Kismis Tidak ada risiko berbahaya makan kismis. Orang yang ingin menurunkan berat badan harus mempertimbangkan untuk tidak mengonsumsi kismis dalam jumlah besar. Juga, kismis mengandung serat makanan, jadi memakannya secara berlebihan dapat menyebabkan kembung, gas, diare, dan kram perut.(Yuliana Nadiah Hamdan)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar