Yamaha Lexi

Mie Ayam Lata-lata, Sensasi Unik Makan di 'Coet '

  Senin, 24 Juni 2019   Fira Nursyabani
Mie Ayam Lata-lata yang disajikan di atas cobek. (Dok. Ulfah Dalilah)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM - Mie ayam merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sangat mudah ditemui, mulai dari pedagang gerobak hingga restoran. Mie yang dicampur dengan olahan daging ayam ini tentunya sangat digemari semua kalangan. Jika biasanya mie ayam disajikan dengan mangkuk, berbeda halnya dengan Mie Ayam Lata-lata yang disajikan di dalam coet atau cobek.

AYO BACA : Makanan Pedas Bisa Atasi Gerah, Kok Bisa? Ini Kata Peneliti

Nama Mie ayam Lata-lata diambil dari sebuah plesetan cerita Sunda yang memiliki arti pedas. Sesuai dengan namanya, mie ayam yang sudah berdiri sejak 2018 ini menyajikan berbagai macam mie dengan olahan ayam, di antaranya mie ayam tulang dan mie ayam cabe-cabean yang disajikan dalam coet yang dilengkapi dengan sambal ulek pedas.  

AYO BACA : Kenapa Gerobak Mie Ayam Berwarna Biru?

Berawal dari ketidaksengajaan, Iman Fajar Purnama hanya mencoba membuat mie ayam yang kebetulan dicampurkan dengan pangsit yang dibuat oleh istrinya. Hasil olahan Iman tentunya mendapat respon baik dari keluarga,hingga akhirnya disarankan untuk membuka usaha mie ayam sendiri yang sampai saat ini masih berjalan. 

"Keunikan dari mie ayam ini yaitu di menu mie ayam tulang, karena memang tulangnya bener-bener tulang dan tidak ada dagingnya. Selain mie ayam tulang juga ada mie ayam cabe-cabean, cara penyajian yang menggunakan coet agar tingkat kepedesannya itu berasa dan cabenya dapat terlihat," ujar Iman saat ditemui Jumat (21/06/2019). 

Menikmati mie ayam dengan coet merupakan salah satu cara unik untuk merasakan kelezatan di setiap suapannya. Tak heran jika mie tersebut sangat ramai dikunjungi, pengunjung yang datang pun sangat beragam mulai dari mahasiswa hingga orang tua. Berbicara soal harga, mie ayam ini dijual dengan kisaran harga mulai dari Rp12.000. 

Di akhir perbincangan, Iman mengatakan bahwa rencana ke depannya ia ingin ada tambahan menu yaitu mie bakso. Jika penasaran dengan rasa Mie Ayam Lata-lata, Anda dapat mengunjungnya di Jalan Raya Bandung Sumedang, Kelurahan Sayang, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Warung mie tersebut buka setiap hari dari pukul 11.00 WIB hingga 21.00 WIB. (Ulfah Dalilah)
 

AYO BACA : Mampir ke Mie Ayam Toye yang Legendaris

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar