Yamaha Lexi

Segudang Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

  Senin, 24 Juni 2019   Fira Nursyabani
Petani memanen bawang merah di Kampung Tugu, Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (7/5/2019). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Apa hal pertama yang muncul di benak Anda ketika mendengar bawang merah? Mengirisnya membuat Anda menangis, bukan? 

Bawang merah menghasilkan iritasi kimia yang disebut propanethial S-oxide yang merangsang kelenjar lachrymal mata, sehingga bisa memicu Anda untuk mengeluarkan air mata. Bawang memiliki sedikit rasa pedas dan dapat dimakan baik dalam keadaan matang atau mentah sekalipun.

Dilansir di Boldsky beberapa waktu lalu, ternyata bawang merah memiliki banyak sekali manfaat kesehatan, mulai dari menurunkan kadar gula hingga memelihara kesehatan otak. Berikut ulasannya:

1. Meningkatkan kesehatan jantung 

Bawang merah mengandung flavonoid yang dapat melawan peradangan, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, sehingga berkontribusi terhadap kesehatan jantung.  Quercetin, antioksidan yang ditemukan dalam bawang, menurunkan risiko penyakit jantung dan juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Menurut Pusat Medis Universitas Maryland, kuersetin di dalam bawang juga dapat mencegah penumpukan plak di arteri.  

2. Menurunkan kadar gula darah 

Bawang diketahui dapat menurunkan kadar gula darah karena mengandung senyawa belerang dan quercetin.  Sebuah penelitian pada 2014 menunjukkan bahwa pasien dengan diabetes tipe 2 memiliki enzim hati normal dan kadar glikemik rendah ketika mereka makan bawang merah irisan.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

AYO BACA : 10 Manfaat Kismis untuk Kesehatan

Bawang merah juga mengandung sejenis serat larut yang disebut oligofructose, yang bertindak sebagai sumber makanan bagi bakteri menguntungkan di usus.  Serat ini ketika dikonsumsi membantu tubuh Anda mempertahankan tingkat bakteri sehat yang baik.

Bawang merah bahkan mencegah diare dan sembelit sehingga meningkatkan pencernaan yang sehat.

4. Mencegah kanker 

Bawang merah adalah makanan umum dan efektif dalam menghancurkan sel-sel kanker payudara dan usus besar.  Bawang Merah mengandung tingkat quercetin dan anthocyanin yang tinggi - dua senyawa yang memicu sel kanker untuk bunuh diri.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

Bawang mengandung vitamin C yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dan merangsang fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, polifenol dalam bawang bekerja sebagai antioksidan, yang membantu melindungi tubuh terhadap radikal bebas.  

6. Mempertahankan kepadatan tulang 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bawang merah dapat meningkatkan kepadatan tulang pada wanita yang sedang menjalani atau telah melalui masa menopause.  Wanita yang makan bawang merah memiliki risiko patah tulang pinggul 20% lebih rendah daripada mereka yang tidak pernah makan bawang.

AYO BACA : 7 Faktor Yang Mempengaruhi Tubuh Jika Anda Kurang Tidur

7. Mencegah radang pada lambung 

Kuersetin dalam bawang merah memiliki potensi untuk melawan bakteri berbahaya seperti Escherichia coli (E. coli), Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus (S. aureus) dan Bacillus cereus. Jenis-jenis bakteri ini terkait dengan radang lambung dan kanker pencernaan tertentu.

Tak hanya pada lambung, sulfur dalam bawang merah memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menurunkan peradangan. Juga, kuersetin dalam bawang merah dapat membantu dalam merelaksasikan otot-otot bernapas dan menghilangkan gejala asma.

8. Melindungi mata 

Bawang merah mengandung belerang yang baik untuk mata. Makanan ini dapat meningkatkan kesehatan mata dengan merangsang produksi protein yang disebut glutathione, yang bertindak sebagai antioksidan. 

Ini mengurangi risiko penyakit mata seperti glaukoma, katarak, dan degenerasi makula.  Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jus bawang menyembuhkan konjungtivitis dan blepharitis.

9. Meningkatkan kesehatan otak 

Sebuah studi penelitian menunjukkan bahwa kandungan belerang dalam bawang, yang disebut di-n-propyl trisulfide, memiliki efek positif pada kerusakan memori.  Namun, ketika bawang dimasak, senyawa belerang ini hancur.  Jadi, yang terbaik adalah memakan bawang merah mentah.

Potensi resiko kesehatan pada bawang merah

Berdasarkan pendapat Clearinghouse Informasi Penyakit Pencernaan Nasional, karbohidrat dalam bawang dapat menyebabkan kembung dan menimbulkan gas.  Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Gastroenterology, menemukan bahwa bawang merah jika dikonsumsi mentah, dapat memperburuk mulas pada orang yang menderita mulas kronis atau penyakit refluks lambung. (Nadia Syailana)

AYO BACA : 8 Manfaat Jus Mentimun untuk Kesehatan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar