Yamaha Aerox

Ayo Media Network Gelar Cek Fakta

  Sabtu, 22 Juni 2019   Adi Ginanjar Maulana
Sebanyak 20 peserta dari Ayo Media Network saat mengikuti pelatihan cek fakta untuk newsroom redaksi yang disampaikan oleh trainer dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Adi Marsiela dan Deni Yudiawan di Kantor Ayo Media Network, Jalan Terusan Halimun, Kota Bandung, Sabtu (22/6/2019). (Irfan Al-Faritsi/Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Ayo Media Network menggelar pelatihan cek fakta yang difasilitasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan didukung oleh Google News Initiative di Kantor Ayo Media Network, Jalan Terusan Halimun Nomor 50, Kota Bandung, Sabtu-Minggu (22-23/6/2019).

Ayo Media Network merupakan newsroom ke-19 di Indonesia yang menggelar pelatihan cek fakta.

AYO BACA : Ayo Media Network Siap Perangi Hoaks dengan Cek Fakta

Dalam pelatihan tersebut, sebanyak 20 peserta dilatih untuk menggunakan sejumlah alat (tools) di internet guna memverifikasi merebaknya berita hoaks.

Salah satu trainer, Deni Yudiawan, mengatakan, pelatihan ini penting diikuti jurnalis guna menunjang verifikasi sebuah informasi di lapangan. Hal ini karena banyaknya berita hoaks yang berseliweran di masyarakat.

AYO BACA : Ekspansi Usaha, Ayo Media Network Luncurkan Ayojakarta.com dan Ayosurabaya.com

"Kegiatan jurnalistik itu salah satunya proses verifikasi. Adanya pelatihan cek fakta di Ayo Media Network diharapkan jurnalis mampu memverifikasi sebuah informasi hoaks dengan sejumlah tools gratis," katanya.

Direktur Pemberitaan dan Produksi Ayo Media Network Rahim Asyik mengatakan, dengan adanya pelatihan cek fakta di Ayo Media Network, para jurnalis bisa memverifikasi ulang berbagai informasi yang ada di masyarakat.

"Jurnalis itu semua harus melakukan verifikasi dalam menunjang kinerja. Jadi, adanya pelatihan ini jurnalis akan mampu memberikan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," katanya.

AYO BACA : Kunjungi Ayo Media Network, Iwa Karniwa Titip Pesan Ini

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar